ASN dan Sopir Angkutan Umum Ikuti Pelatihan Keselamatan Berlalu-lintas

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 75 tenaga non ASN di Dinas Perhubungan (Dishub) dan 48 sopir angkutan umum mengikuti pelatihan (Diklat) keselamatan lalu lintas.

Diklat yang diinisiasi Kementerian Perhubungan RI melalui Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali berlangsung mulai tanggal 21-24 Februari 2023.

- Advertisement -

Staf Poltrada Bali,  Made Sudiatmika mengatakan, dalam diklat kali ini para peserta diberikan materi mengengai perundangan-undangan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ).

Diantaranya, memahami karakteristik pejalan kaki, memahami tata cara berkendaraan, memahami penggunaan angkutan umum, memahami tata cara berlalulintas , serta emergensi respon.

Selain itu para sopir angkutan umum juga akan dibekali pengenalan kendaraan, keselamatan dan kesehatan serta keamanan kerja, disipilin berlalu lintas di jalan raya, factor manusia pada kecelakaan lalu lintas, rambu, marka, perlengkapan jalan, tanggap darurat dan praktek mengemudi.

“Teori dan praktek akan di berikan oleh dosen-dosen pengajar dari Poltrada Bali dan Dinas Perhubungan,”katanya.

- Advertisement -

Diklat ini memberikan ilmu dan wawasan tentang keselamatan berlalu lintas yang nantinya dapat dipraktikkan dalam tugas sehari-hari. Sehingga bisa menciptakan ketertiban lalu lintas di jalan.

Sementara itu, Kepala Dishub Buleleng Gede Gunawan AP menyampaikan, saat ini dinas perhubungan telah memiliki tempat uji kendaraan terakreditasi A.

Oleh sebab itu, diklat ini menjadi penting untuk Sumber Saya Manusia (SDM) pegawai serta sopir yang ada di Buleleng.

Pihaknya pun mengapresiasi Kementerian Perhubungan RI melalui Poltrada Bali atas diklat yang digelar.

“Kesempatan yang diberikan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan teori yang nantinya akan diaplikasi di lapangan oleh para peserta” kata Gunawan.|ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts