Ratusan Bonsai Dipamerkan

Singaraja, koranbuleleng.com| Sebanyak 200 bonsai, ditampilkan pada Festival Bonsai serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-419 Kota Singaraja di Taman Kota Singaraja, Senin, 13 Maret 2023. Bahkan, ada bonsai berumur puluhan tahun dengan harga ratusan juta.

Ketua Panitia Ketut Windu Saputra mengatakan, festival ini diikuti oleh 200 orang pencinta bonsai. Dimana, 170 bonsai merupakan milik pencinta bonsai Buleleng dan 30 lainnya merupakan peserta dari luar Buleleng. Dari ratusan bonsai yang ditampilkan, rata-rata tanaman hias itu berumur 18 hingga 78 tahun. 

- Advertisement -

Saputra menyebut, ada beberapa jenis bonsai yang ditampilkan yakni, jenis sentigi, asem, loa, hingga serut. “Kalau menurut survei sekarang ini tertinggi ada yang 285 juta. paling murah ada yang 1 juta. tidak ada yang dibawah 1 juta. Potnya saja 300 ribu, apalagi yang keramik,” katanya. 

Bonsai yang ditampilkan saat ini, merupakan hasil dari budidaya yang dilakukan oleh para pecinta. Hal ini, karena keberadaan bahan untuk tanaman tersebut itu sudah jarang bisa ditemui di alam. “Dari prosentase, disini hanya 30 persen dari alam dan 70 persen dari proses budidaya. Kalau sekarang di alam sudah tidak ada,” kata dia.

Sementara, Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengatakan, saat Pandemi Covid-19, bonsai justru berkembang dengan baik dan mampu menjadi bisnis yang menjanjikan. “Saat pandemi orang-orang di rumah bisa melakukan hal yang produktif salah satunya bonsai. Tidak hanya sebagai hobi tapi juga bisa menjadi bisnis. Kami akan wadahi, dalam bentuk event tahunan menjelang HUT Kota,” ucapnya. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts