Masuki Praktik Daya Tahan, Pelatih Perbaiki Teknik Angkatan

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 50 orang pelatih dari cabang olahraga telah menjalani pelatihan pelatih fisik. Teori dan praktek secara simultan dilaksanakan sehingga pelatih mendapatkan pengetahuan baru.

Di hari kedua pelatihan, Prof Dr Ria Lumintuarso tenaga pendidik dari Lembaga Pendidikan Pelatih Olahraga (LANKOR) sebagai pemateri memperbaiki teknik angkatan pelatih dalam praktik daya tahan.

- Advertisement -

Materi praktek langsung tentang daya tahan khusus untuk cabang olahraga. Seluruh pelatih mempraktekkan langsung teknik yang diajarkan.

Namun dari evaluasi, Ria mengatakan dari pembelajaran kekuatan masih terbatas ketika melakukan teknik tertentu yang memerlukan koordinasi tinggi. Sebagian dari pelatih disebutnya masih perlu belajar lebih banyak.

“Yang terpenting dalam gerakan lifting harus dikuasai dengan benar. Kalau itu bisa dikuasai maka atletnya akan meningkat dengan cepat kekuatan dan daya tahan,” terang Prof Ria.

Di sisi lain dari praktek langsung dilakukan pelatih di Buleleng disebutnya sudah sangat bagus. Meskipun memang ditemukan kekurangan pada teknik angkatan yang sifatnya koordinatif.

- Advertisement -

Namun daya serap peserta pelatihan sangat tinggi. “Ketika diajari mereka mulai bisa dan langsung berlari. Ini menjadi kabar baik untuk Buleleng. Saya kira bagus potensi pelatihnya,” imbuh dia.

Sementara itu pelatih Futsal Buleleng, Dewa Gede Rai Wisnu Putra mengatakan dua hari keikutsertaannya di pelatihan pelatih ini sudah banyak yang dipelajari. Terutama tentang metodologi fisik, unsur kondisi fisik dan praktek langsung teknik-teknik kekuatan dan daya tahan.

Menurutnya pelajaran baru yang didapatkan yakni pentingnya data sebagai bahan latihan. Data latihan atlet pun akan menjadi bahan evaluasi fisik. “Khusus kami di Futsal selama ini yang dirasa masih kurang jika dibandingkan dengan apa yang didapat di pelatihan ini yakni unsur fisik. Teurtama perumusan dosis latihannya. Selain juga kendala pada proses waktu pembinaannya,” terang Rai Wisnu. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts