Wisatawan Domestik Dominasi Kunjungan Wisatawan saat Cuti Idulfitri

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng mencatat ada 47.754 orang wisatawan yang berkunjung saat libur dan cuti bersama serangkaian Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah mulai 19-25 April 2023 lalu.

Kunjungan ini masih didominasi wisatawan domestik sebanyak 37.843 orang, sedangkan wisatawan mancanegara sebanyak 9.911 orang.

- Advertisement -

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng I Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan meskipun kunjungan wisatawan didominasi wisatawan domestik, namun hal ini menurutnya menjadi awal kebangkitan pariwisata di Buleleng.

Dari ribuan wisatawan ini, wisatawan domestik lebih cenderung memilih wisata spiritual dan wisata buatan. Seperti mengunjungi DTW Pura Pulaki, Pura Jayaprana dan Layonsari. Selain itu, yang ramai kunjungan wisata buatan Krisna Holding, Danau Tamblingan, Air Panas Banjar hingga Air Sanih.  

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara terbanyak memilih berwisata di Pantai Lovina, Sambangan Adventure dan juga Air Terjun Banyumala.

“Para wisatawan ini tercatat berkunjung ke tempat wisata di 25 DTW yang ada di Buleleng. Namun yang menjadi favorit adalah Pantai Lovina,” ujar Dody, Rabu 26 April 2023.

- Advertisement -

Puncak kunjungan wisata di Buleleng terjadi pada tanggal 21-23 April 2023. Tingkat hunian hotel di Buleleng pun rata-rata 90-100 persen dengan lama masa inap 1-2 malam.

“Memang kalau wisatawan lokal Bali dan Jawa itu rata-rata menginap mereka 1-2 hari, karena biasanya mereka pergi melihat pertunjukan dolphin. Tetapi kalau wisatawan mancanegara rata-rata menginap sampai 7 hari,” imbuhnya

Sejauh ini potensi kunjungan wisman ke Buleleng masih dari benua Eropa, seperti asal Rusia, Perancis dan Jerman. Wisman Eropa ini memang datang sebelum high season pada bulan Juni-Agustus mendatang.

“Libur dan cuti bersama ini menjadi kebangkitan pariwisata. Mudah-mudahan ini terus berlanjut.” pungkasnya. ꟾETꟾ 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts