Pemerintah Beri Pelatihan Keterampilan Bagi Warga Lapas

Singaraja, koranbuleleng.com | Instruktur ahli dari Dinas Tenaga Kerja Buleleng serta Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Buleleng, memberikan pelatihan keterampilan kepada 40 orang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Singaraja. Mereka diberikan pelatihan membuat sangkar burung dan teknik Laundry pakaian.

Pelatihan yang dilakukan sebagai upaya pembinaan dalam bidang kemandirian dan keterampilan bagi warga binaan. Dengan harapan, setelah keluar dari Lapas Singaraja mereka diharapkan dapat bekerja dengan orang lain atau membuka usaha sendiri dengan kemampuan yang mereka dapatkan dari pelatihan itu.

- Advertisement -

“Dengan demikian, nantinya mereka dapat berguna di tengah-tengah keluarga maupun masyarakat disekitarnya. Melalui pelatihan ini, warga binaan bebas untuk mengekspresikan bakatnya” kata Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Kegiatan Kerja Lapas Singaraja, Wayan Riasa, Rabu 3 Mei 2023.

Instruktur menekankan tentang keselamatan kerja dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Pada pelatihan ini warga binaan akan di uji kemampuan dan kompetensinya dan mendapatkan sertifikat keterampilan. Sertifikat ini bisa digunakan untuk mencari pekerjaan ketika sudah terbebas dari lapas.

 “Output yang didapat oleh warga binaan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi dari Balai BLK Singaraja.. ini nanti bisa digunakan ketika mereka bebas” terang dia. (*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro

- Advertisement -

Editor    : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts