Undiksha Siapkan Kuota Jalur Mandiri Sebanyak 30 Persen

Singaraja,koranbuleleng.com| Sebanyak 1.892 peserta mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk gelombang I di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Senin, 8 Mei 2023. 

Rektor Undiksha Singaraja, I Wayan Lasmawan mengatakan Tes UTBK ini, merupakan langkah awal yang harus ditempuh calon mahasiswa yang mendaftar pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). 

- Advertisement -

Lasmawan menyebut, pada tahun ini Undiksha menyediakan sebanyak 5.100 kursi, mulai Diploma 3 hingga program Doktor (S3). Pendaftaran mahasiswa baru akan dibukan melalu tiga jalur. Yakni, jalur prestasi, jalur SNBT, dan jalur mandiri. Khusus untuk calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur mandiri, mereka tidak akan dilakukan tes lagi dan hanya cukup dengan UTBK.

“Jalur prestasi kita punya alokasi 30 persen dari total daya tampung. Kemudian untuk jalur tes itu minimal 40 persen dan  jalur mandiri maksimal 30 persen,” ujar Lasmawan.

Namun jika ada Program Studi (Prodi), yang masih kekurangan mahasiswa maka akan membuka seleksi mandiri untuk memenuhi kuota di prodi tersebut. “Tetapi tidak untuk semua Prodi. Kita lakukan hanya untuk prodi-prodi yang daya tampungnya belum terpenuhi,” katanya. 

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan UTBK ini digelar dengan protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, untuk memberikan kenyamanan kepada peserta. Pihaknya juga meniadakan seluruh kegiatan mahasiswa yang dilakukan di kampus. 

- Advertisement -

“Untuk mengurangi mobilitas, kita meniadakan semua kegiatan kecuali kegiatan pembelajaran agar teman-teman yang tes di Undiksha merasa terganggu,” ucap Lasmawan. (*)

Pewarta : Kadek Yoga Sariada

Editor    : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts