KONI Buleleng Selaraskan Pemanfataan Anggaran Pembinaan

Singaraja, koranbuleleng.com | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Buleleng mengevaluasi serta menyelaraskan pemanfaatan anggaran dana pembinaan yang selama ini digunakan oleh 44 pengurus kabupaten dari masing-masing cabang olahraga anggota KONI Buleleng.  Evaluasi dilakukan selama 4 hari, 9- 12 Mei 2023.

Wakil Ketua I KONI Buleleng, Nyoman Suasana menjelaskan agenda ini sebagai upaya untuk menyelaraskan database anggaran dan pemanfatannya agar lebih transparan dan tepat guna. Terutama dana yang dialokasikan untuk pembinaan atlet.

- Advertisement -

“Kita sekarang rapatkan untuk mendapatkan komposisi, berapa jumlah anggaran untuk atlet berprestasi, atlet binaan, sehingga tidak hanya sekedar membuat laporan. Sehingga kedepannya KONI Buleleng berharap dengan rencana penganggaran yang tepat, pembibitan atlet berprestasi dapat maksimal,” terang Suasana.

Sementara Ketua KONI Kabupaten Buleleng, Ketut Wiratmaja menambahkan bahwa KONI saat ini sedang melakukan penyempurnaan database untuk seluruh Pengkab olahraga. Jumlah tambahan anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng, kata Wiratmaja hendaknya harus dimanfaatkan secara proporsional dan terarah.

“Kita juga berusaha melakukan pendataan secara digitalisasi. Hal ini akan menjadi database dalam penyusunan baik prestasi maupun organisasi,” tegas Wiratmaja.

KONI Buleleng mendapatkan tambahan anggaran dari Pemerintah Kabupaten Buleleng sebesar Rp1,5 Miliar dari usulan yang diajukan. Sehingga total bantuan Pemkab Buleleng untuk KONI Buleleng total sebesar Rp18 Miliar. 

- Advertisement -

“Sebanyak Rp12 Miliar sudah dipergunakan. Untuk bonus atlet Rp 10 Miliar, untuk kegiatan rutin sebesar Rp1 Miliar dan Pembinaan atlet sebesar Rp1 Miliar,” kata dia. Di awal tahun anggaran masing-masing Pengkab pun sudah menerima anggaran pembinaan dengan nilai bervariasi dari masing-masing Pengkab dari Rp5 juta hingga Rp15 Juta.

Lanjut wiratmaja, Dari total anggaran tersebut, Koni Buleleng kini tinggal mengelola sisa dana sebesar Rp6,3 Miliar. Dana itu nantinya diperuntukan untuk Pembinaan dan Kegiatan kejuaraan yang akan direalisasi pada anggaran perubahan 2023. (*)

Pewarta  : Edy Nurdiantoro

Editor     : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts