Vaksinasi PMK Digencarkan Jelang Idul Adha

Singaraja, koranbuleleng.com | Menjelang Hari Raya Idul Adha pada bulan Juni mendatang Pemerintah Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, menggencarkan vaksinasi penyakit kuku dan mulut (PMK) pada ternak sapi milik warga desa. Vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah ternak sapi terjangkit PMK seperti yang terjadi beberapa bulan yang lalu.

Peternak sapi di Desa Patas terdiri dari ternak penggemukan dan pengembangbiakan.  Saat ini, populasi ternak sapi di Patas yang mencapai hampir 4.000 ekor. Hingga saat ini sudah 3.600-an ekor sapi yang sudah divaksin. 

- Advertisement -

“Kami masih proses terus untuk vaksin PMK. Dari tanggal 2 sampai hari ini masih terus dilakukan vaksinasi yang dibantu Dinas Pertanian, juga kelompok tani,” ujar Perbekel Desa Patas Kadek Sara Adnyana, Kamis 11 Mei 2023.  

Pemerintah Desa Patas sendiri saat ini tengah mencanangkan Desanya sebagai desa sentra produksi ternak sapi. Untuk itu, kualitas ternak menjadi perhatian. Bahkan, setiap tahunnya pihak desa menggelar lomba penggemukan sapi. Untuk mendorong peternak lebih memperhatikan kebersihan kandang hingga kualitas pakan. 

“Sehingga potensi ekonomi bisa dimaksimalkan dengan pencegahan terhadap penyakit ternak. Selain itu, Harapannya Desa Patas selain dikenal sebagai tempat produksi, juga dikenal kualitasnya. Patas menjadi sentra sapi yang berkualitas”imbuhnya. ꟾETꟾ

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts