Wisata Lumba-lumba Diakses dari Empat Titik Masuk  

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng membuat entry point (titik masuk) untuk wisata Dolphin atau lumba-lumba. Yakni Pantai Penimbangan, Pantai Happy, Pantai Celuk Agung, dan Pantai Lovina.

Empat titik masuk ini akan lebih mengutamakan wisatawan dari Pulau Jawa yang kebanyakan berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang datang secara rombongan.

- Advertisement -

Kepala Dispar Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, pembukaan entry point wisata melihat Dolphin sudah didiskusikan bersama empat kepala desa dan empat kelian desa adat terkait, dari Desa Baktiseraga, Desa Tukadmungga, Desa Anturan, dan Desa Kalibukbuk.

Dalam rakor tersebut, menghasilkan kesepakatan bahwa pada keempat pantai tersebut akan membentuk pengelola yang akan mendapat pelatihan dari Dispar Buleleng mengenai manajemennya. 

Pengelola di empat pantai yang dibentuk nantinya juga akan bekerja sama juga dengan Himpunan Pramuwisata sebagai jembatan untuk anggota, masyarakat, dan pemerintah.

“Nanti wisatawan yang datang dengan BIS besar akan di arahkan ke sana. Sementara yang sifatnya individu bisa masuk lewat mana saja,” imbuh Dody.

- Advertisement -

Realisasi entry point wisata Dolphin rencana akan segera pada akhir bulan Mei 2023 ini. Dan pada awal bulan Juni, Tim Pemasaran Dispar Buleleng akan mempromosikan terobosan baru dari dinas pariwisata Buleleng ini.   

Dody menambahkan, empat titik lokasi ini juga akan ditambah fasilitas toilet serta parkir yang luas. Sehingga kedatangan wisatawan akan lebih nyaman.

“Untuk harga tiket belum disepakati. Nanti pengelola di empat pantai tersebut yang akan membahas lagi bersama kami.  Harga tiketnya sama untuk ke empat lokasi” imbuhnya

Dody menambahkan, upaya pembentukan entry point untuk wisata melihat Dolphin ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Selain juga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat  sekitar pantai. (*)

Pewarta  : Edy Nurdiantoro

Editor    : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts