Buleleng Punya Perpustakaan Tentang Bung Karno

Singaraja, koranbuleleng.com| Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, Kecamatan Sukasada, Buleleng, kini memiliki perpustakaan. Taman baca yang dibuat di Wantilan RTH. Perpustakaan itu untuk memberikan pemahaman bagi pengunjung tentang sejarah Pendiri Bangsa Indonesia,Soekarno.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, Made Era Oktarini mengatakan ada sebanyak 129 eksemplar dari 57 judul buku di pajang di perpustakaan tersebut. Buku-buku itu didapat dari, dari perpustakaan milik daerah maupun dari berbagai sumbangan.

- Advertisement -

Diantaranya Perpustakaan Nasional (Perpunas), UPTD Perpustakaan Bung Karno Belitar, Jawa Timur, Perpustakaan Kabupaten Badung dan penggiat literasi. Di perpustakaan itu, pengunjung juga bisa menemukan buku edisi spesial yang dicetak lama, yang ditempatkan khusus.

Selain dalam bentuk cetak, pengunjung juga bisa membaca sejarah tentang Soekarno dalam bentuk digital. Melalui web yang telah disediakan, pengunjung bisa membaca sebanyak 22 eksemplar buku. Pemerintah akan menambah kapasitas server, sehingga banyak buku yang bisa diakses.

“Kendalanya di server karena penyimpanan e-book lumayan besar. Kalau nanti kita beli buku spesial, ternyata tidak bisa menyimpan kita rugi juga,” ujar Era Oktarini, beberapa waktu lalu.

Era Oktarini menyebut, perpustakaan ini secara khusus juga menampilkan kisah ibunda Soekarno, Ida Ayu Rai Srrimben dan suaminya Raden Soekemi Sosrodihardjo. Dimana, kisah itu diceritakan melalui foto yang dipajang di perpustakaan tersebut. Selain foto, pihaknya juga membuatkan film terkait kisah tersebut.

- Advertisement -

“Kita rencananya ada pemutaran film, namun kita akan kerja sama dulu dengan Dinas Lingkungan Hidup karena pengelolanya di sana. Juga sapras kita masih terbatas,” ucapnya.

Era Oktarini menambahkan, pengunjung juga bisa meminjam buku-buku yang dipajang di lokasi tersebut. Namun, pengunjung yang meminjam buku harus terlebih dulu memiliki kartu anggota perpustakaan. “Kita juga rencana alih media, namun kalau alih media itu ada hak ciptanya. Kita masih coba koordinasi dulu ke UPTD Perpustakaan Bung Karno,” katanya. (*)

Pewarta : Kadek Yoga Sariada

Editor  : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts