VBO Lascarya Dimplementasikan Secara Berkelanjutan

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng akan mengimplementasikan secara berkelanjutan rancangan aksi perubahan Virtual Back Office Jelas Lancar dan Terpercaya (VBO LASCARYA).

Implementasi VBO LASCARYA juga diharapkan dapat mendongkrak peningkatan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Buleleng.

- Advertisement -

VBO Lascarya merupakan laporan ranxangan aksi dari Sekdispora Kabupaten Buleleng,  Ida Bagus Gde Surya Bharata dalam seminar pelatihan kepemimoinan administrator angkatan 1 tahun 2023, yang berlangsung di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali, Denoasar, Selasa 18 Juli 2023.

Kadisdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., hadir langsung sebagai mentor dari Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.M.A.P. selaku Sekdisdikpora Kabupaten Buleleng dalam kegiatan Seminar Laporan Pelatihan Kepemimpinan Administrator angkatan 1 tahun 2023 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali, Selasa 18 Juli 2023.

Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.M.A.P. dihadapan dewan penguji, coach dan mentor berkesempatan memaparkan implementasi rancangan aksi perubahan yang diberi nama Virtual Back Office LASCARYA.

Menurut Surya Bharata, tata kelola data dan informasi juga mempengaruhi kinerja organisasi dan tata kelola organisasi. Upaya memperbaiki tata kelola organisasi salah satunya dapat dilaksanakan dengan penyelenggaraan data dan informasi yang baik. Penyelenggaraan data yang baik saat ini dapat dilakukan dengan penyimpanan data-data dan informasi dalam  satu pusat data pada organisasi. “Sejauh mana organisasi dapat secara cepat mengatasi permasalahan yang dihadapi ataupun mencapai target-target yang telah ditetapkan ditentukan dengan seberapa valid data yang dimiliki terkait dengan penyelesaian isu-isu yang dihadapi organisasi.” papar Surya Bharata.

- Advertisement -

VBO LASCARYA yang merupakan akronim dari Virtual Back Office yang Jelas Lancar dan Terpercaya dapat menjadikan solusi menjawab kebutuhan data dan informasi internal Disdikpora Kabupaten Buleleng. Hal ini nampak dari pemanfaatan media digital sebagai platform VBO LASCARYA yang menyediakan ragam data dan informasi dalam mendukung kinerja OPD.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M. selaku mentor mendukung adanya VBO LASCARYA, aplikasi ini tentu memberi kemudahan, kecepatan, dan keakuratan ketika pimpinan membutuhkan informasi  data – data bisa diakses kapan dan dimana saja. Serta berkomitmen mengembangkan aplikasi ini secara berkelanjutan.

Disisi lain, Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A. Kepala BKPSDM Provinsi Bali selaku dewan penguji menyampaikan aplikasi ini cukup bagus dan lengkap dan cocok jika ada di tata kelola Pemerintahan, tepatnya  pada Sekretariat Daerah.

Walaupun masih perlu ditambahkan menu-menu lain seperti informasi angka putus sekolah yang bisa diakses oleh kepala desa. Pihaknya menyarankan setelah kegiatan ini selesai, aplikasi VBO LASCARYA nantinya bisa dipresentasikan dengan mengundang Perangkat Daerah serta menjadi contoh yang mungkin saja bisa ditiru oleh Seluruh OPD Lingkup Kerja Pemerintah Kabupaten Buleleng. (*/Adv)

Pewarta : Edy Nurdiantoro
Editor.     : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts