Perpustakaan Keliling, Siapkan 875 Buku

Singaraja, koranbuleleng | Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Buleleng secara rutin melaksanakan Mobil Perpustakaan Keliling (Perpusling). Sasaran dari Perpusling ini mulai dari jenjang tingkat TK, SD sampai SMP yang ada di Buleleng dan menyiapkan 875 Buku.

Kepala DAPD Buleleng Made Era Oktarini menjelaskan, program Perpusling dijadwalkan dalam setahun akan mengunjungi 120 kali satuan pendidikan di Buleleng khususnya jenjang tingkat TK, SD sampai SMP. Dalam seminggu pihaknya membuka program ini tiga kali. Sedangkan khusus untuk hari Minggu akan memberi pelayanan di RTH Bung Karno. Selain itu, pihaknya juga melayani jika ada nantinya ada permintaan khusus dari lembaga apapun.

- Advertisement -

“Khusus pada jeda semester bisa melakukan pelayanan sampai 2 kali dalam sehari,” ungkap Era.

Untuk pelayanan TK telah memberi pelayanan dengan konsep read aload untuk memfasilitasi anak-anak yang belum bisa baca. Konsep ini adalah dengan cara membacakan buku tersebut lalu didengarkan oleh anak-anak agar dengan mudah dipahami

“Selain itu kami juga menyiapkan sarana dan prasarana mewarnai bagi anak-anak yang jenuh saat membaca,” imbuhnya.

Perpusling menyediakan 875 buku dari total 21.000 buku yang dikoleksi DAPD Buleleng. Buku bisa dipinjam dengan sistem silang laying. Yang sudah menjadi anggota bisa meminjam maksimal 3 bulan dan bisa diperpanjang juga. Sejauh ini, buku yang paling banyak digemari adalah buku cerita bergambar dan ilmu pengetahuan.

- Advertisement -

“Sebanyak 1.026 anggota sudah terdaftar” katanya

Sementara itu terkait armada, pihaknya hanya memiliki satu unit mobil dalam pelayanannya. Namun, tahun ini pihaknya sudah mengusulkan motor Perpusling ke Perpusnas dan diharapkan bisa segera terealisasi untuk memfasilitasi sekolah yang tidak bisa dijangkau oleh mobil Perpusling.

“Untuk meningkatkan SDM kami telah menjadwalkan diklat khusus dalam seminggu untuk meningkatkan kompetensinya. Sehingga pengelola tersebut nanti bisa mengelola perpustakaan secara optimal,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts