Gedung BCC Dilanjutkan dengan Anggaran 2,7 Miliar

Singaraja, koranbuleleng.com| Pembangunan Gedung Buleleng Command Center (BCC), akan segara masuk proses penyelesaian. Pemkab Buleleng telah melakukan tender melalui dana APBD sebesar Rp2.7 Miliar, untuk menyelesaikan gedung berlantai dua yang berlokasi di parkir barat Kantor Bupati Buleleng.

Kepala Dinas Kominfo Santi Buleleng, Ketut Suwarmawan mengatakan, dari proses tender yang dilakukan, sudah ada delapan perusahaan yang melakukan penawaran. Pemenang dari tender tersebut akan diumukan dalam waktu dekat, pada minggu ini. 

- Advertisement -

“Pertama untuk penyelesaian kita pasang pagu anggaran 3 miliar lebih, setelah dikaji kembali menjadi 2.7 miliar. Dalam minggu ini ditentukan siapa pemenang tender. Prosesnya kita serahkan kepada Bagian Barang dan Jasa Setda Buleleng,” ujarnya ditemui Minggu, 13 Agustus 2023.

Suwarmawan menyebut, dengan jumlah dana tersebut, belum bisa memenuh semua penunjang BCC. Namun setelah proses finising, gedung tersebut sudah bisa digunakan untuk pusat digitalisasi. “Tidak sepenuhnya bisa dilengkapi di tahun ini. Untuk ditempati dan digunakan sudah layak. Penunjang dari gedung BCC seperi ruang BCC, dan server kita selesaikan. Yang cukup mahal AC presisi, yang didatangkan dari luar,” terang Suwarmawan. 

Sementara untuk peralatan seperti meja, kursi dan peralatan kantor lainnya. Akan menggunakan dari kantor yang sebelumnya. Untuk pengoprasian BCC tersebut, Dinas Komnfo Santi Buleleng telah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai dalam bidang IT. 

Namun jumlah tersebut, diakui Suwarmawan masih kurang. Pihaknya pun akan mengusulkan penambahan pegawai kepada Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, untuk menempatkan tenaga IT di BCC tersebut.

- Advertisement -

“Atau nanti kita sleksi kontrak di luar, untuk bawa ke Kominfo. Kita sudah punya 4 programer dan dua tenaga jaringan. Yang sudah siap kita tugaskan,” kata dia.

Seperti diketahui, pembangunan gedung BCC tersebut telah selesai pada bulan Desember 2019. Namun, sejak diselesaikan gedung tersebut tidak diselsaikan sehingga mangkrak selama tiga tahun. (*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts