Jaksa Belum Tetapkan Jadwal Pemeriksaan Tersangka Korupsi LPD Unggahan

Singaraja, koranbuleleng.com | Jaksa penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng berencana memeriksa tersangka kasus dugaan korupsi Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Unggahan, Kecamatan Seririt, Buleleng. Dua tersangka yang akan diperiksa yakni IA yang menjabat Ketua LPD, dan IGS yang menjabat Kepala Bagian Tata Usaha LPD berinisial IGS. Namun dibalik rencana itu, Jaksa justru belum mempunyai jadwal tetap untuk pemeriksaan kedua tersangka sehingga kasus ini terkesan lambat ditangani.

Sebelumnya, Jaksa pernah mengagendakan pemanggilan terhadap tersangka pada pekan lalu namun tertunda karena ada Hari Raya Galungan dan Kunigan. Selain itu, salah satu tersangka belum siap dengan penasehat hukumnya. Pemeriksaan terhadap tersangka sebenarnya dilakukan untuk mengkonfirmasi sejumlah temuan selama proses penyidikan.

- Advertisement -

 “Dijadwalkan minggu depan pemeriksaan, tapi harinya kapan belum ditentukan,” ujar Kasi Intel Kejari Buleleng, Ida Bagus Alit Ambara Pidada, dikonfirmasi Senin 14 Agustus 2023.

Dalam proses pemberkasan ini, jaksa juga akan meminta keterangan dari saksi ahli yakni auditor yang melakukan penghitungan kerugian keuangan negara.

Pada proses penghitungan kerugian keuangan negara kasus dugaan korupsi ini mencapai sekitar Rp 1,8 miliar. Proses penghitungan kerugian negara yang dilakukan oleh Tim Auditor Inspektorat Daerah Buleleng.

“Penyidik akan mengonfirmasi hasil temuan penyidikan termasuk kerugian negara itu dalam pemeriksaan terhadap tersangka,” imbuh Alit.

- Advertisement -

Sebagai Informasi, kasus dugaan korupsi di LPD Unggahan ini telah mencuat sejak tahun 2020 lalu. Setelah dilakukan penyelidikan, jaksa menetapkan IA dan GS sebagai tersangka dalam kasus ini pada 2021. Keduanya diduga menyelewengkan dana angsuran yang dipungut dari masyarakat, namun tak disetor ke kas. Sehingga LPD mengalami kerugian.(*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro 

Editor    : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts