Ratusan Warga Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Curastana

Singaraja, koranbuleleng.com | Masyarakat Buleleng manfaatkan momen Hari Kemerdekaan untuk melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Curastana, Singaraja.

Ziarah ke makam pahlawan sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap tahun untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan.

- Advertisement -

Masyarakat datang  dengan membawa bunga untuk ditabur di pusara. Tujuan mereka untuk melakukan doa sembari menaburkan bunga kepada sanak keluarga yang gugur dalam medan pertempuran pada zaman dahulu.

“Ini untuk mengenang, terutama almarhum mertua saya sebagai pejuang. Semoga beliau-beliau bersama para pahlawan lain diterima di sisi Tuhan sesuai amal baktinya bagi nusa dan bangsa,” kata Salah satu warga asal Kelurahan Beratan, Sri Adiati Datradja.

Dia pun berharap, di Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, Pemerintah lebih memberikan perhatian lebih kepada para pejuang yang telah gugur di medan pertempuran.

Hal senada disampaikan Gede Dandi, warga asal Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan. Dia melakukan ziarah untuk memberikan doa kepada para terdahulu yang sudah berjuang untuk Indonesia.

- Advertisement -

Dia pun menaruh harapan besar kepada generasi muda agar bisa mengikuti jejak pahlawan untuk kepentingan bangsa dan negara. Mengingat tidak sedikit pengorbanan yang telah para pahlawan lakukan untuk mendapatkan kemerdekaan.

“Semoga nanti generasi kita juga dapat meneruskan perjuangan demi tegaknya kemerdekaan di Indonesia,” katanya

Disisi lain, Upacara Bendera peringatan HUT RI ke-78 di Taman Kota Singaraja, pada Kamis, 17 Agustus 2023 berlangsung Khidmat. PJ Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana usai memimpin upacara bendera berharap Momentum HUT RI setiap menjadi Momentum untuk melakukan evaluasi bagi seluruh bangsa Indonesia.

Pemerintah Buleleng bersama masyarakat pun tidak terkecuali. Lihadnyana mengatakan, pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah sudah dirasakan oleh masyarakat dan dapat dinilai baik kekurangan maupun kelebihannya.

“Masalah itulah sebagai bahan evaluasi, sehingga untuk HUT RI berikutnya yang ke-79 nantinya, Indonesia bisa lebih maju,” ujar Lihadnyana.

Peran serta masyarakat juga diharapkan dalam memajukan Buleleng. Karya-karya kreatif yang dapat tercipta dari tangan insan Buleleng dapat menjadi senjata untuk meraih daya jual tinggi yang memungkinkan perputaran ekonomi semakin cepat.(*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro

Editor    : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts