Basarnas Cari Nelayan Hilang di Laut

Singaraja, koranbuleleng.com| Seorang nelayan bernama I Kadek Sunarna, 45 tahun, warga Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Buleleng, dilaporkan hilang oleh keluarganya saat melaut di perairan Yeh Sanih, Kecamatan Kubutambahan, Senin, 28 Agustus 2023 dini hari sekitar pukul 02.00 Wita.

Kepala Kantor Basarnas Bali, I Nyoman Sidakarya mengatakan, korban dilaporkan hilang oleh keluarganya karena tak kunjung pulang saat melaut. Dimana korban saat itu melaut seorang diri dengan menggunakan jukung (perahu nelayan). Biasanya, korban kembali dari laut pada pukul 15.00 Wita.

- Advertisement -

“Namun, hingga Senin petang korban tak kunjung pulang. Keluarga korban pun melaporkan kemarin pada pukul 21.20 Wita,” ujarnya Selasa, 28 Agustus 2023.

Sebanyak 4 orang personil Pos SAR Buleleng dikerahkan menuju Pantai Yeh Lembu untuk melakukan pencarian. Sebelumnya, tim berkoordinasi dengan pihak keluarga korban. Namun, karena jarak pandang petugas terbatas pencarian awal dilakukan dengan penyisiran darat. Pada pencarian awal tersebut, belum berhasil menemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Pencarian pun kembali dilanjutkan pada Selasa pagi. Tim sempat mendapatkan informasi bahwa salah satu nelayan melihat sebuah perahu yang mirip dengan perahu milik korban. “Sampan yang digunakan melaut berciri putih dengan garis bawah biru bertuliskan Sumber Rejeki di lambung kanan dan kiri, sekitar pukul 09.00 Wita terlihat di seputaran rumpon knalpot, yakni radius 42 Km dari pesisir Pantai Yeh Lembu arah timur laut,” ucapnya.

Sebanyak 7 orang personil Pos SAR Buleleng dan unsur SAR lainnya dibagi dalam 2 area pencarian, yakni penyisiran di darat dan laut. Tim melakukan penyisiran laut menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) bergerak dari Pelabuhan Celukan Bawang, Sangsit sekitar pukul 06.25 Wita.

- Advertisement -

“Upaya pencarian kemarin belum bisa dimaksimalkan karena kondisi gelap dan hari ini tim sudah kembali bergerak sejak pagi menggunakan RIB dengan fokus pencarian di lokasi yang dicurigai terlihat sampan serupa,” kata dia. (*)

Pewarta : Kadek Yoga Sariada

Editor    : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts