Forum Genre Bantu Pemerintah Turunkan Angka Stunting dan Cegah Pergaulan Bebas

Singaraja, koranbuleleng.com | Forum Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Buleleng berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah dalam menurunkan angka stunting. Selain itu, sebagai mitra dari BKKBN Genre juga siap memberikan informasi mengenai bahaya narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif (Napza), seks bebas pranikah dan pernikahan dini.

Ketua Umum Forum Genre Kabupaten Buleleng Pande Eka Putri Pradnyani mengatakan langkah kongkrit Forum Genre Buleleng dalam membantu pemerintah menurunkan angka stunting melalui sosialisasi dan edukasi khusus kepada remaja putri. napza, seks bebas pranikah dan pernikahan dini juga menjadi sa;ah satu faktor penyebab stunting.

- Advertisement -

Jadwal sosialisasi di setiap sekolah biasanya dilaksanakan di bulan Januari – Juli yang bersamaan pada saat ospek sekolah. Namun tidak menutup kemungkinan juga akan hadir di luar dari jadwal tersebut jika dibutuhkan untuk mengisi acara hanya dengan menyurati ke forum genre saja.  

“Jadi edukasi dan sosialisasi ini harus sering dilakukan agar masyarakat paham apa itu stunting dan pencegahan seperti apa. ” katanya

Genre Buleleng sudah menyiapkan materi sesuai permintaan dari pihak sekolah. Materi dibawakan oleh anggota genre yang usianya masih muda, sehingga saat sosialisasi bisa menyatu dengan peserta dan tidak membosankan.

“Tidak jarang juga saat penyampaian materi berkolaborasi  dengan kesenian bondres agar lebih menarik dan mendapat apresiasi langsung dari pihak sekolah” imbuhnya

- Advertisement -

Forum Genre Buleleng saat ini mempunyai anggota sebanyak 48 orang. Selain itu, untuk di masing-masing sekolah juga akan dibantu oleh anggota pusat informasi konseling remaja (PIKR).

“PIKR ini akan bertugas membantu kami juga untuk mengedukasi dan memberikan informasi kepada anak-anak di masing-masing sekolah. Kami berharap terus diajak berkolaborasi dalam menjaga dan mengedukasi para remaja agar tumbuh kembangnya menjadi lebih baik” pungkasnya.(*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts