TPA Bengkala Diperluas

Singaraja, koranbuleleng.com | Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan dipastikan diperluas hingga tiga hektar dengan menggunakan anggaran Rp5 Miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng Putu Adiptha Eka Putra mengatakan, TPA Bengkala mengalami overload atau over kapasitas sudah sejak lama.  Sampah yang dikirim ke TPA Bengkala bisa mencapai 100 ton per hari.

- Advertisement -

 “Proses appraisal sudah dilakukan. Komunikasi dengan pemilik lahan juga sudah dilakukan. Anggaran sudah dipasang di APBD Perubahan,” ucap Adipta, Jumat 29 September 2023.

Saat ini pemerintah melakukan proses pembelian tanah warga. Dari hasil appraisal, lahan milik warga akan dibayar antara Rp160 ribu hingga Rp200 ribu per meter persegi.

Perluasan menyasar lahan yang ada di sisi utara TPA dan sisi barat TPA, dengan luas lahan mencapai 3,05 hektare. Untuk perluasan di sebelah utara, berbatasan dengan Desa Bungkulan. Sedangkan untuk di sebelah baratnya, Desa Bengkala.

Adiptha menambahkan, di TPA Bengkala rencananya juga akan ditambah alat mesin pengolahan sampah yang lebih canggih. Sehingga penanganan sampah di TPA bengkala bisa lebih maksimal.

- Advertisement -

“Kami akan mengusulkan pengadaan mesin pengolahan sampah yang lebih canggih ke pemerintah pusat. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts