PKM-PM: Tumbuhkan Penggiat Literasi Bersama Tim Aksara

Universitas Pendidikan Ganesha berhasil membawa 33 tim yang lulus didanai oleh Belmawa, salah satunya yakni Tim Aksara.

Tim Aksara terdiri dari Putri Santiadi berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia selaku ketua tim yang dibersamai oleh empat anggota yakni Lily Darmayanti dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Putri Indrawati dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Sita Pradnyani dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia serta Devi Wiraputri dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

- Advertisement -

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan antara tim pengusul dan mitra, ditemuilah permasalahan yang dihadapi mitra yakni SMPN 4 Sawan. Jika dari pusat kota yakni Undiksha menempuh perjalanan sekitar 13 menit sejauh 8,2 Km. Adapun yang ditawarkan oleh tim pengusul melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat yakni penggunaan Taman Baca aksara (aksi saling rangkul) dan Plotagon Story untuk meningkatkan literasi multimodal siswa kelas VII di SMPN 4 Sawan.

Program yang tim pengusul tawarkan mendapatkan 100% dukungan dari pihak mitra. Hal ini menjadi peluang besar untuk menambah semangat dan antusias Siswa-siswi dalam meningkatkan literasi berbasis multimodal.

Adapun juga program mingguan seperti Kamis eksklusif yang akan mengubah pola pikir siswa-siswi dalam belajar karena tim pengusul bukan hanya memanfaatkan buku cetak saja melainkan belajar dari tayangan video animasi yang telah dibuat menggunakan aplikasi Plotagon Story.

Selain siswa-siswi, tim pengusul juga membuat program yang mengkhususkan untuk guru serta pegawai literasi dengan memanfaatkan aplikasi Plotagon Story. Program ini juga berjalan setiap minggunya dengan melakukan pelatihan mulai dari mencoba karakter hingga menciptakan media pembelajaran berbasis tiga dimensi. Program ini direspon positif oleh para guru dan juga pegawai di setiap minggunya.

- Advertisement -

Tim pengusul di setiap minggunya juga melakukan pelatihan secara eksklusif. Program ini diadakan di setiap hari Kamis dan Sabtu. Di hari kamis merupakan hari yang khusus diperuntukkan untuk meningkatkan minat literasi seluruh siswa kelas VII di SMPN 4 Sawan.

Peningkatan minat literasi ini adalah tujuan utama dalam pelaksanaan program ini. Adapun kegiatan literasi yang sudah dilakukan bersama ialah membaca buku-buku di Taman Baca, menulis kata-kata yang sudah ditentukan, menyimak video bercerita yang telah dibuat tim melalui aplikasi Plotagon Story dan membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara mereka.

Sedangkan pada hari sabtu, kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan khusus dalam menggunakan aplikasi Plotagon Story kepada guru-guru dan pegawai di SMPN 4 Sawan.

Tim pengusul sebelumnya sudah melakukan presentasi singkat mengenai bagaimana cara mengunduh aplikasi Plotagon Story pada laptop, menjelaskan fitur-fitur dan bagaimana cara menggunakannya yang terdapat pada aplikasi, dan menjelaskan kepada guru-guru pentingnya menyediakan media pembelajaran yang menarik untuk para siswa. Hal ini disambut dengan baik dan sangat antusias oleh para guru-guru dan pegawai.

Mari menjadi penggiat bersama kami, Tim Aksara…

Jangan lupa kunjungi kanal Instragaram, Fecebook dan Tiktok kami di @tamanbacaakasara

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts