GDEA Pamerkan 74 Ide Kewirausahaan

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 74 ide usaha yang dikerjakan oleh 365 mahasiswa di pamerkan dalam Ganesha Digital Entrepreunership Academy (GDEA) 2023 di Kampus Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Sabtu 9 Desember 2023.  GDEA adalah salah satu program unggulan Undiksha untuk memacu pengembangan minat wirausaha mahasiswa.  

Pameran ini erat kaitannya dengan upaya pemerintah yang terus mendorong peningkatan wirausaha muda untuk memperkuat ketahanan ekonomi dalam menciptakan pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan di Indonesia. Hal ini juga penting di tengah ketatnya persaingan dunia kerja.

- Advertisement -

74 ide usaha yang dirintis itu diantaranya usaha makanan, usaha minuman, industri kreatif, jasa, dan teknologi manufaktur serta budidaya.

Mahasiswa yang berpartisipasi pada program ini tidak hanya dari Undiksha, tetapi juga STIE Satya Dharma, dan Universitas Mataram, dan Universitas Badarudim Lombok. Tim tersebut menampilkan berbagai produk dengan keunggulan masing-masing dan mendapat sentuhan inovasi.

Wakil Rektor Undiksha bidang Perencanaan, Keuangan, dan Umum, Prof. Dr. I Wayan Artanayasa yang membuka pameran menyampaikan produk yang dihasilkan oleh mahasiswa memiliki kualitas baik, inovatif, dan kreatif. Produk tersebut berpotensi untuk terus dikembangkan. Hal inilah yang didorong oleh Undiksha. “Sebagian besar yang saya lihat tadi, ada makanan dan saya rasakan kualitasnya bagus sehingga ini harus dimanfaatkan oleh Kadin Buleleng agar bagaimana anak-anak muda ini bisa menjadi pengusaha,” ujarnya.

Wakil Rektor asal Desa Manikliu, Kabupaten Bangli ini menyebutkan keterampilan wirausaha sangat penting dimiliki mahasiswa sehingga nantinya dapat menjadi lulusan yang produktif dan kreatif, disamping memiliki kompetensi sesuai dengan bidang keilmuannya. “Produk-produk kecil ini menjadi tumpuan mahasiswa untuk berbuat di masa depan sebelum menjadi PNS misalnya. Sehinga tamatan kita bisa siap guna, siap pakai,” ungkapnya.

- Advertisement -

Produk yang dihasilkan oleh mahasiswa ini juga diinginkan dapat didukung dengan pemasaran berbasis digital untuk memperluas jaringan.

Sementara Ketua Panitia, I Gusti Lanang Agung Raditya menjelaskan pameran produk ini adalah tahapan dari post immersion. Setiap ide usaha diberikan bantuan finansial untuk membuat produk prototipe, pembuatan produk, dan pembuatan video promosi sebesar Rp 5 juta yang bersumber dari LPDP.

Sebelumnya juga ada tahapan pre immersion. Mahasiswa melaksanakan kegiatan perkuliahan  dengan tema kewirausahaan digital. Selanjutnya masuk tahap imersion. Mahasiswa mengikuti  magang di UKM untuk benar-benar berlatih berwirausaha dan mendapatkan pengalamam dari mentor pelaku UMKM di sekitar Kabupaten Buleleng.  Selain pameran, mahasiswa juga diajak sharing tentang cerita sukses wirausaha. (*)

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts