Pasda Raih KJB Award, Koster Dapatkan Penghargaan Istimewa

Singaraja, koranbuleleng.com |Perhelatan Diskusi Akhir Tahun Komunitas Jurnalis Buleleng (KJB) selalu menjaga tradisinya, yakni pemberian penghargaan berupa KJB Award bagi pejabat maupun tokoh masyarakat yang peduli akan kesinambungan jurnalisme yang sehat serta mampu berkomunikasi dan memberi informasi yang positif bagi wartawan di Buleleng sehingga menghasilkan berita yang akurat dan kredibel.

KJB Award tahun 2023 ini menjatuhkan pilihan kepada Made Pasda Gunawan, yang saat ini menjabat sebagai Kabag Umum Pemkab Buleleng. Nama Made Pasda Gunawan muncul setelah terjadi diskusi panjang diantara anggota KJB Buleleng.

- Advertisement -

Pasda merupakan ASN yang berkarir dari bawah. Sejumlah Wartawan di Buleleng sudah mengetahui Pasda mulai berkarir awal sebagai PNS di Pemkab Buleleng pada bagian Humas dan Protokol Pemkab Buleleng.

Ketika Pasda telah menjabat sebagai salah satu pejabat teras di Pemkab Buleleng hari ini, ada sejumlah wartawan yang sebaya dari sisi umur pernah berjalan beriringan dengan yang bersangkutan hingga saat ini pula. Jalinan pertemanan antara Pasda Gunawan dengan sejumlah wartawan tidak pernah terputus dan selalu terjaga dengan baik.

Pasda sendiri mengakui wartawan yang tergabung di KJB sudah menjadi bagian kehidupannya, karena sejak awal berkarir di bagian kehumasan selalu belajar dari hal-hal yang kecil hingga besar bersama wartawan-wartawan di Buleleng.

“Jadi saya memang mengawali karir PNS dari Bagian Humas dan Protokol, kala itu saya selalu bersinggungan langsung dengan teman-teman wartawan dan menjadi tempat untuk belajar dalam dunia kehumasan dan jurnalistik. Saya belajar menulis rilis, bagaimana melakukan wawancara yang benar dari teman-teman wartawan di Buleleng,” ucap Pasda, di gedung wanita Laksmigraha Singaraja Jumat 15 Desember 2023.

- Advertisement -

Bagi Pasda, penghargaan KJB Award ini merupakan penghargaan tertinggi selama dirinya sebagai PNS hingga duduk dalam jabatan yang diemban saat ini.

Sementara itu, Presiden KJB, Ketut Wiratmaja yang mengumumkan secara langsung pemberian KJB Award bagi Pasda Gunawan, mengakui pertemanan Jurnalis di Buleleng dengan Pasda Gunawan memang berangkat dari bawah.

Disisi lain, KJB juga memberikan penghargaan istimewa bagi mantan Gubernur Bali periode 2018-2023, Wayan Koster.

Wiratmaja menjelaskan penghargaan diberikan kepada Koster mengingat selama satu periode memimpin Bali, Koster yang asal Buleleng ini cukup membanggakan masyarakat. Melalui program Nangun Sat Kerthi Loka Bali mantan gubernur asal desa Sembiran Buleleng itu telah membangun sejumlah peradaban sebagai penanda Bali era baru.  Selain itu mantan Gubernur Koster juga banyak mendukung kegiatan para wartawan.

Wayan Koster menerima penghargaan istimewa dari Presiden KJB Ketut Wiratmaja

Dalam sambutannya, Wayan Koster sempat mengatakan bahwa kehadiran dirinya dalam diskusi KJB ini karena merasa terhormat pada kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Diskusi ini menjadi media untuk pendidikan politik bagi masyarakat maupun untuk politisi. Tetapi Koster menyayangkan sejumlah anggota legislatife dari Buleleng tidak tampak hadir. “Padahal diskusi ini media yang sangat bagus sekali untuk memberikan Pendidikan politik,”ucap Koster.

Tampak hadir pada penyerahan KJB Award diantaranya Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna serta sejumlah tokoh masyarakat Buleleng dari komponen LSM, Akademisi, Forkom kades, tokoh adat, tokoh pemuda dan komponen masyarakat Buleleng lainnya. (*)

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts