SMPN 1 Sukasada Jadi Sekolah Rujukan Google

Singaraja, koranbuleleng.com | SMP Negeri 1 Sukasada, Buleleng berhasil menjadi Sekolah Rujukan Google yang pertama di Bali.

Sekolah Rujukan Google adalah program yang diberikan kepada sekolah dari Google melalui program Google for Education untuk kegiatan pembelajaran sehari-hari, memanfaatkan 153 chromebook untuk sarana pembelajaran melalui Program “Transchromers”.

- Advertisement -

Google for Education bukan hanya melakukan perubahan dari kertas ke digital melainkan juga perubahan mindset guru, siswa, dan orang tua, tetapi memperkenalkan transformasi digital dalam proses pembelajaran antara siswa dan guru agar memaksimalkan potensi siswa.

SMP Negeri 1 Sukasada, sebagai salah satu penerima bantuan TIK berupa chromebook dari Kemendikbudristek berhasil mengoptimalkannya berbarengan dengan aktivasi serta penggunaan akun Belajar.Id secara berkelanjutan.

Kepala SMPN 1 Sukasada Ni Ketut Liesvi Ismaeantini, S.Pd., M.Pd menguraikan bukan hal yang mudah untukmenjadi sekolah rujukan ini karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti pemanfaatan chromebook dalam pembelajaran, penggunaan alat-alat google yang optimal oleh guru dan murid, serta memenuhi 25% guru di sekolah sudah menyandang predikat Google Certified Educator Level 1 (GCE L1).

Akhirnya, sekolah menyiapkan guru-guru untuk mengikuti test itu dan alhasil mendapat sertifikat terbaik yang secara tidak langsung menjadi kriteria dan syarat dalam memenuhi calon sekolah rujukan google. Dalam metode ini, seluruh anak-anak didiknya setiap hari melakukan pembelajaraan menggunakan chromebook.

- Advertisement -

Dengan predikat ini, SMP Negeri 1 Sukasada didorong untuk menjadi salah satu aktor praktik baik dalam hal digitalisasi sekolah di Kabupaten Buleleng. Muara dari semua hal tersebut adalah peningkatan kualitas pembelajaran yang lebih berpihak kepada murid.

Selama beberapa tahun ini, Google memang meluncurkan sejumlah program inovatif dan mendidik bagi penggunannya. Google for Education Champions ini adalah bagian dari komunitas bersertifikat dibidang Innovator, Trainer, dan Coach. Masing-masing dari sertifikasi ini memberi pengakuan kepada pendidik atas keahlian, semangat, dan kerja keras mereka di seluruh sistem menggunakan berbagai alat Google untuk memberi dampak positif bagi pendidikan.

Bersama-sama, mereka menjadi champion bagi setiap siswa, pendidik, dan masa depan Pendidikan. Untuk menjadi Google for Education Champion, pendidik dapat memilih untuk mendapatkan salah satu dari kredensial berikut: Certified Innovator, Certified Trainer, atau Certified Coach. Setelah mendapatkan salah satu pengakuan ini, pendidik akan otomatis menjadi Google for Education Champion.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika mengapresiasi keberhasilan SMPN 1 Sukasada menjadi bagian dari Google. Menurutnya, sekolah lain harus mampu membuat kolaborasi yang inovatif dengan perusahaan teknologi ditengah kemajuan dunia maya. “Teknologi semakin maju, dunia Pendidikan juga harus beradaptasi dengankemajuan ini.”katanya. (*)

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts