KPU Buleleng Gelar PSU di Empat TPS

Singaraja, koranbuleleng.com| KPU Kabupaten Buleleng, akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) untuk empat tempat pemungutan suara (TPS), pada Selasa, 20 Februari 2024 mendatang. Ke empat TPS yang akan menggelar PSU itu, semua berada di Kecamatan Banjar. 

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, empat TPS yang menggelar PSU itu yakni TPS 5 dan 6 Desa Pedawa, dan TPS 4 dan 5 Desa Temukus, Kecamatan Banjar. PSU digelar di TPS 5 dan 6 Desa Pedawa, karena sebelumnya surat suara di kedua TPS itu tertukar dengan dapil lainnya. 

- Advertisement -

Dimana, dua TPS itu seharusnya memilih DPRD Kabupaten Buleleng Dapil 8 Kecamatan Banjar, namun surat suara yang diterima pada 14 Februari lalu adalah surat suara Dapil 3 Kubutambahan. “Di TPS 5 dan 6 hanya untuk mencoblos surat suara DPRD Kabupaten Buleleng saja,” ujar Dudhi, Minggu, 18 Februari 2024.

Sementara, untuk di dua TPS 4 dan 5 Desa Temukus. PSU digelar lantaran KPPS di dua TPS itu memberikan warga dengan mengunakan KTP elektronik untuk memilih. Dimana seharusnya, kata Dudhi yang bersangkutan memilih di TPS lain. “Untuk TPS desa Temukus, PSU untuk memilih presiden dan wakil presiden saja,” kata dia.

Untuk di TPS yang akan menggelar PSU tersebut, terdapat 1.096 orang yang akan mencoblos ulang. Dimana, untuk di TPS 4 Desa Temukus sebanyak 283 pemilih, TPS 5 Desa Temukus 248 orang, TPS 5 Desa Pedawa 292 orang, dan TPS 6 Desa Pedawa 273 orang. “Form C pemberitahuan sudah didistribusikan ke pemilih. Untuk TPS akan buka mulai pukul 07.00 Wita dan melayani pemilih hingga pukul 13.00 Wita,” ucap Dudhi. 

KPU Buleleng pun telah menyiapkan 1.000 lembar  surat suara untuk pemungutan suara ulang. Selain itu, logistik maupun anggaran untuk honor KPPS pun telah disiapkan untuk PSU tersebut. “Logistik akan dikirim ke masing-masing TPS pada H-1 PSU,” kata dia. (*)

- Advertisement -

Editor :I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts