Pembiasaan Semangat Anti Korupsi Sejak Dini di SMPN2 Singaraja

Singaraja, koranbuleleng.com | SMP Negeri 2 Singaraja telah membiasakan siswanya untuk menerapkan semangat anti korupsi sejak dini. Sekolah ini sebelumnya menjadi SMP terbaik se-Indonesia dalam penerapan semangat anti korupsi dengan meraih penghargaan Apresiasi Praktik Baik Implementasi Pendidikan Anti Korupsi, 30 November 2023 lalu.

“Mungkin bagi banyak sekolah tidak begitu diperhatikan ya, tetapi sebenarnya KPK RI itu sudah datang ke sekolah-sekolah bersama tim mereka bahwa mereka juga ingin sekolah itu ikut berpartisipasi dalam mengimplementasikan pendidikan anti korupsi di sekolah,” jelas Kepala SMPN 2 Singaraja, I Gede Ariasa pada Rabu, 21 Februari 2024.

- Advertisement -

Upaya yang dilakukan Ariasa kepada anak didiknya adalah dengan memasukkan komponen-komponen pendidikan anti korupsi ke dalam kurikulum melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Pembiasaan budaya anti korupsi diterapkan pada anak didik melalui kegiatan sehari-hari, misalnya penerapan perilaku sopan santun, penegakan tata tertib sekolah, dan komunikasi yang baik antara siswa ke siswa dan antara guru ke siswa.

Penerapan nyata juga dilakukan oleh Ariasa melalui kantin kejujuran. Dijelaskan olehnya bahwa kantin kejujuran akan menjajakan makanan tanpa ada yang menjaga kantin tersebut. Para siswa nantinya akan melakukan pembayaran sendiri sesuai dengan jumlah makanan yang diambil, hingga menghitung kembalian juga.

Tidak hanya dari siswa, jajaran guru dan staf di SMPN 2 Singaraja pun turut memberikan nilai lebih. Utamanya dari aspek digitalisasi yang dapat mewujudkan efisiensi operasional Alat Tulis Kantor (ATK). Misalnya, melalui e-Surat, pelaksanaan surat-menyurat tidak lagi menghabiskan banyak kertas.

- Advertisement -

Selain itu, transparansi juga diwujudkan melalui portal Jaga.ID, pada portal tersebut pihaknya melaksanakan pelaporan terkait kegiatan anti korupsi di SMPN 2 Singaraja. Ariasa menugaskan para guru untuk membuat laporan secara rutin.

“Ini dinilai baik oleh KPK RI, karena mereka dapat melihat komitmen yang kami wujudkan terkait semangat anti korupsi ini,” tutup Ariasa. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts