PDI Perjuangan Tetap Juara Bertahan di Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com| Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, masih mendominasi kursi DPRD Buleleng. Partai dengan lambang banteng itu, berhasil mempertahankan 18 kursi dalam Pemilu 2024. Hal itu diketahui dari hasil rekapitulasi tingkat kabupaten yang dilaksanakan KPU Buleleng. 

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Buleleng, Gede Supriatna mengatakan meski berhasil mempertahankan 18 kursi, hal itu masih melenceng dari target 25 kursi. Dimana, PDI Perjuangan harus kehilangan dua kursi di dua daerah pemilihan (dapil) yakni dapil 1 Kecamatan Buleleng dan dapil 9 Kecamatan Sukasada, akibat ketatnya persaingan. 

- Advertisement -

Meski berkuran di dua dapi tersebut, PDI Perjuangan berhasil menambah kursi untuk dapil 5 Kecamatan Gerokgak dan dapil 4 Kecamatan Tejakula. “Ini sudah barang tentu akan menjadi evaluasi kedepannya, karena tidak mencapai target. Kita akui pula persangingan sangat ketat di dua dapil, yakni dapil Kota Singaraja dan dapil Kecamatan Sukasada,” ujar Supriatna ditemui Selasa, 5 Maret 2024.

Dia menyebut selain persaingan ketat, ada caleg yang disebut tidak bekerja. Sehingga hal itu, membuat perolehan suara partai tersebut turun derastis. “Kedepan kita akan terus berbenah guna menyiapkan  dan melakukan pemetaan kader – kader yang  memiliki potensi nantinya,” kata dia. 

Dari 18 caleg PDI Perjuangan yang lolos ke DPRD Buleleng, sebanyak 5 diantaranya merupakan wajah baru atau newcomer. Mereka diantaranya, Made Mudita, A.A Ketut Widia Putra, Dewa Nyoman Sukardina, Dewa Komang Yudi Astra dan Nyoman Somasuara. Sedangkan 13 diantaranya, masih diisi oleh pertahanan. (*)

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts