Siswa di Singaraja kini Bisa Pantau Rute Bus Sekolah via Smartphone

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng melahirkan inovasi jasa angkutan sekolah Buleleng gratis (JAS BULE GRATIS) dengan melengkapi monitoring via Global Positioning System (GPS). Inovasi ini dibuat karena melihat sulitnya masyarakat menjangkau transportasi publik bagi anak-anak sekolah. Program inovasi ini juga disebut untuk mendukung Buleleng Smart City bidang Smart Living.

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra menerangkan inovasi ini hadir sebagai solusi permasalahan transportasi untuk sekolah.

- Advertisement -

Sebagai layanan untuk publik, dia meyakini program ini membantu meringankan aktifitas masyarakat. Dengan integrasi teknologi yang efektif dan efisien, siswa yang sering menggunakan jasa bus sekolah dapat melacak keberadaaan posisi bus.

Bus sekolah ini akan terus dimanfaatkan dan evaluasi sehingga bisa juga bermanfaat untuk mengurangi kemacetan lalu lintas perkotaan pada saat waktu sibuk sekolah,pagi dan siang hari. Selain itu, bus sekolah ini bisa mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas perkotaan yang banyak dialami anak-anak sekolah, serta dapat membantu siswa yang berada dibawah garis kemiskinan.

“Dua bus dari Kementerian Perhubungan yang dilengkapi dilengkapi dengan GPS dan aplikasi yang dapat di unduh siswa maupun orang tua siswa,” terang Gunawan.

Jas Bule Gratis mempunyai rute-rute tertentu dalam jangkauannya dan rute tersebut sudah dikeluarkan SK Bupati Buleleng tentang Waktu  Operasional dan Rute Bus Sekolah Untuk Angkutan Perkotaan Tahun 2023.

- Advertisement -

Pelayanan Bus Sekolah gratis ini memiliki rute Terminal Penarukan – Terminal Sukasada dan  sebaliknya Terminal Sukasada – Terminal Penarukan pada jam sibuk pagi dan siang sekolah yaitu pukul 6.20 – 7.20 dan jam 11.40 – 12.40 yang istimewanya seluruh siswa baik tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK bisa menumpang pada bus yang sesuai dengan rutenya, tanpa perlu mendaftar lagi.

“Fasilitas ini selain nantinya mengurai kemacetan juga memberikan efek aman kepada orang tua karena bisa memantau secara real time yang kita canangkan akan menambah 5 armada lagi untuk memperluas cakupan area di seluruh daerah di Buleleng,” tegas dia. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts