Nelayan Korban Bencana Alam Dapat Bantuan Beras

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 37 orang nelayan dan warga pesisir yang menjadi korban bencana alam di Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan, Buleleng, Bali mendapatkan bantuan berupa beras 10 kilogram dan pakaian layak pakai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng, Senin 25 Maret 2024.

Bantuan dari DKPP ini serangkaian dengan penyambutan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-420 Kota Singaraja.

- Advertisement -

Kepala DKPP Buleleng I Gede Putra Aryana mengungkapkan bantuan ini untuk meringankan beban masyarakat serta mengajak seluruh pihak untuk ikut peduli kepada korban bencana.

“Kami juga mengajak peran serta stakeholder semuanya. Baik dari pemerintah dan masyarakat untuk bergotong royong peduli dengan sesama yang tidak mampu,” kata Aryana.

Dia menyebut cuaca ekstrem yang diterjadi di Bali utara menyebabkan 17 desa yang ada di sepanjang pesisir pantai Buleleng terdampak bencana alam yang cukup parah. Tercatat ada sebanyak 162 orang Kepala Keluarga (KK) korban bencana alam dan 187 KK masuk dalam kategori kemiskinan ektrem yang akan mendapatkan bantuan tersebut.

“Kami akan salurkan bantuan ini secara bertahap. Karena kegiatan ini juga merupakan program nasional yaitu percepatan dalam penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Buleleng,” tutup Aryana.

- Advertisement -

Salah satu penerima bantuan, Nyoman Gunada (50) menuturkan bahwa cuaca ektrem telah menyebabkan perahu miliknta rusak parah sehingga tidak bisa melaut. Bantuan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh pihak keluarga.

“Ini sangat membantu sekali bagi keluarga saya. Kegiatan saya hanya sebagai nelayan dan kadang ngojek juga. Saat ini kami masih belum bisa bekerja karna situasi ini. Astungkara  bantuan ini saya bisa maksimalkan selama beberapa hari ke depan sampai kondisi bisa pulih kembali,”pungkasnya.(*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts