KPU Buleleng Kembali Rekrut Badan Adhok

Singaraja, koranbuleleng.com| KPU Buleleng akan segera melakukan rekrutmen anggota dan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), untuk Pilkada 2024. Tahap rekrutmen pun akan dimulai dari 17 April 2024 mendatang.

Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana mengatakan saat ini masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari KPU RI, terkait rekrutmen Badan Adhok yang akan bertugas pada Pilkada 2024. “Kita saat ini masih menunggu Juknis dari KPU RI,” kata dia belum lama ini.

- Advertisement -

Dudhi menyebut, perekrutan Badan Adhok pada Pilkada akan lebih sedikit dibanding pada perhelatan Pemilu. Selain itu, jumlah TPS pun akan berkurang setengahnya dari TPS yang ada pada Pemilu 2024. Dimana jumlah TPS akan ditentukan, sesuai dengan jumlah DPT yang ada di desa.

“Untuk Pilkada maksimal DPT satu TPS 800 orang, tentunya TPS yang saat pemilu akan menjadi lebih sedikit. Kami sudah merancang TPS Pilkada 1.130 setengah dari TPS Pemilu. Jumlah TPS di desa, tergantung jumlah DPT di desa,” ujarnya.

Dudhi menambahkan, KPU Buleleng juga akan kembali melakukan pemutakhiran data pemilih pada Pilkada mendatang. Nantinya setelah badan adhock ini resmi dibentuk akan ada akan anggota pantarlih Kabupaten yang melakukan coklit. Para petugas tersebut, akan langsung menempelkan

“Data harus diperoleh secara objektif dan faktual, antara data yang tercatat dengan realita di lapangan harus sesuai. Jangan sampai nama tercantum dalam catatan, tetapi orangnya tidak ada,” kata dia.(*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts