Kuota Perempuan masih Minim Lolos ke Legislatif

Singaraja, koranbuleleng.com| KPU Buleleng telah menetapkan 45 calon anggota legislatif (caleg) terpilih Pemilu 2024, Kamis, 2 Mei 2024. Kuota perempuan masih minim, hanya 5 orang perempuan yang berhasil melenggang ke Gedung DPRD Buleleng.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, lima caleg perempuan yang sukses merebut kursi legislatif Buleleng itu, yakni dua kader pertahanan PDI Perjuangan Kadek Turkini dan Ni Made Lilik Nurmiasih. Turkini yang maju di daerah pemilihan (dapil) Buleleng 1, Kecamatan Buleleng, berhasil meraup sebanyak 6.643 suara. 

- Advertisement -

Sedangkan Lilik yang maju di dapil Buleleng 9, Kecamatan Sukasada, memperoleh dukungan sebanyak 4.554 suara. Bahkan jumlah suara yang didapat caleg incumbent itu, kembar dengan kader lain PDI Perjuangan lainnya Putu Mangku Budiasa. Namun, KPU akhirnya menetapkan Lilik sebagai pemenang sesuai peraturan yang telah ditetapkan. 

Sementara, tiga caleg perempuan lainya diantaranya dari Partai Gerindra, Luh Marleni dengan 3.074 suara, kemudian dari Nasdem, Made Putri Nareni dengan 3.520 suara, serta pendatang baru dari partai Golkar, Ni Wayan Parlina Dewi dengan 5.127 suara. 

Menurut Dudhi, minimnya caleg perempuan yang lolos ke parlemen karena masih kalah suara dari politisi laki-laki. Peraturan sudah menentukan 30 persen, kuota perempuan harus dipenuhi partai politik. “Kemungkinan dalam kontestasi, calon perempuan ini kurang kuat persaingan dengan calon laki-laki. Persaingan kurang dapat pilihan,” ujarnya.

Dudhi mengakui, ada sejumlah kendala yang ditemui saat pelaksanaan Pemilu 2024 dana kan melalui evaluasi. ” Dengan kendala itu kita akan evaluasi. Pilkada kita lakukan perbaikan agar tahapan Pilkada, berjalan baik dan lancar,” tutur Dudhi.

- Advertisement -

Pemilu 2024 ini perolehan kursi DPRD Buleleng, didominasi PDI Perjuangan. Dari 45 kursi yang diperebutkan itu, sebanyak 18 kursi dikuasai partai tersebut.

Sekertaris DPC PDI Perjuangan Buleleng, Gede Supriatna mengatakan, menyatakan dukungan masyarakat kepada PDI Perjuangan masih tinggi, dan partainya mengapresiasi suara rakyat itu.

“Kami bersyukur pemilu berjalan baik dan lancar, sesuai dengan asas Jurdil. Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat karena PDIP masih dipercaya di Buleleng. Sehingga kami bisa sebagai pemenang pemilu legislatif 2024 walaupun perolehan kursi masih tetap 18 kursi,” ucapnya. 

Dengan peraih kursi terbanyak, otomatis akan menetapkan kader PDI Perjuangan sebagai pemegang Ketua DPRD Buleleng. Supriatna menyebut, terkait siapa pengisi ketua nantinya akan ditentukan oleh DPP PDI Perjuangan. 

“Tindak lanjut dari penetapan caleg terpilih ini, akan kami sampaikan dulu ke induk partai. Untuk pembahasan posisi di alat-alat kelengkapan DPRD akan kami sampaikan ke DPD partai, supaya bisa diberikan putusan siapa yang ditugaskan,” kata dia. (*)

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts