Buleleng Diusulkan Masuk dalam Jaringan Kota Kreatif Dunia

Singaraja, koranbuleleng.com | Setelah secara resmi Kabupaten Buleleng mendapatkan penghargaan sebagai Kata (kabupaten/kota) kreatif, Kemenparekraf RI akan melakukan pendampingan agar Buleleng bisa masuk menjadi bagian dari Unesco Creative City Network. 

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberi apresiasi kepada Kabupaten Buleleng terhadap produk-produk kriya  kreatif Buleleng yang menjadi pendorong hingga Buleleng ditetapkan menjadi Kabupaten/Kota (Kata) Kreatif oleh Kemenparekraf tahun 2024.

- Advertisement -

“Tadi sangat luar biasa sekali produk karya ekrafnya Buleleng, banyak hasil kerajinan tangan dan produk-produk pertenunan yang sangat berkualitas, dimana produk kriya sebagai sektor penghela atau unggulan Kata Kreatif,” ungkap Sandiaga usai menghadiri workshop Kata Kreatif di Gedung Sasana Budaya Singaraja.

Untuk mendukung Buleleng masuk Unesco Creatif  City Network, maka harus ada persiapan melalui peningkatan interkoneksi infrastruktur.  “Selain itu kita lihat peluang untuk peningkatan kapasitas melalui pelatihan, promosi dan produk kriya ekraf sehingga menjadi daya tarik wisata Buleleng kedepan,” harapnya.

Sementara itu saat workshop yang melibatkan sistem Pentahelix, Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengucapkan terimakasih karena Buleleng telah ditetapkan menjadi Kabupaten Kreatif dan sangat layak karena didukung oleh 60 ribuan UMKM.

“Kita terus mendukung agar UMKM naik kelas, digitalisasi transaksi bagi UMKM dengan menggunakan Qris salah satunya, selain itu saat BDF kemarin kita adakan fashion show yang wajib menggunakan produk tenun endek Buleleng,” tambahnya.

- Advertisement -

Dia menerangkan kendala pariwisata di Buleleng adalah aksesibilitas, karena Buleleng wilayah paling luas dan topografi perbukitan, namun berkat adanya shorcut akses ke Buleleng lebih cepat. “Buleleng banyak memiliki obyek wisata dan pemasukan dari pajak hotel dan restoran di bulan Agustus ini saja mencapai 74,6% dari target dan itu melalui sistem, sehingga tidak ada kebocoran,”pungkasnya. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts