Tiga Daerah Irigasi di Rehabilitasi

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng melakukan rehabilitasi jaringan irigasi di tiga Daerah Irigasi (D.I) yang ada di Kabupaten Buleleng. Perbaikan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem irigasi, serta mendukung peningkatan produksi pertanian dan ketahanan pangan.

Ketiga jaringan irigasi D.I Banyupoh di Kecamatan Gerokgak, Jaringan Irigasi D.I Ambengan Banjar di Kecamatan Banjar, dan Jaringan Irigasi D.I Tangis di Kecamatan Sawan.

- Advertisement -

Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Ekaputra, mengungkapkan program rehabilitasi jaringan irigasi ini telah memasuki tahap tender dengan anggaran sebesar Rp5 miliar yang dikucurkan Kementerian PUPR.

Proyek ini mencakup perbaikan jaringan irigasi sepanjang 1.500 meter, yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Buleleng dan diperkirakan rampung pada bulan Nopember mendatang.

“Banyak kerusakan pada jaringan irigasi mengakibatkan air tidak sampai ke sawah petani. Kerusakan ini akan diperbaiki tahun ini untuk memastikan distribusi air lebih efisien. Saat musim hujan, air akan dikelola dengan baik sehingga tidak meluber, dan pada musim kemarau, air tetap tersedia. Hal ini akan menjaga kontinuitas air, memungkinkan pola tanam petani menjadi lebih teratur,” ujar Adiptha.

Ke depan, PUTR Buleleng akan terus mengusulkan program rehabilitasi jaringan irigasi dengan menyasar daerah lainnya seperti Kecamatan Seririt, Gerokgak, dan Kecamatan Kubutambahan, mengingat jaringan irigasi di tempat-tempat tersebut sering kali tidak berfungsi dengan baik dan mengalami kerusakan.

- Advertisement -

“Kita harus pertahankan Buleleng sebagai daerah pertanian, banyak sawah yang harus kita pertahankan untuk menjaga alih fungsi lahan sehingga bisa menjaga ketahanan pangan. Lahan sawah yang wajib dipertahankan kurang lebih ada sekitar 6.300 hektar lebih sesuai terbitan SK Bupati Buleleng terkait perlindungan lahan sawah  Nah, itu yang harus disupport oleh irigasi teknis,” tegasnya.

Selain fokus pada program rehabilitasi jaringan irigasi, PUTR Buleleng juga berencana memanfaatkan tiga bendungan yang ada di Buleleng sebagai sumber pembangkit listrik tenaga surya. Dengan bekerja sama dengan pihak terkait, langkah ini akan memungkinkan masyarakat setempat untuk menikmati akses listrik yang lebih baik dan ramah lingkungan.(*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts