Khas Agustusan di Buleleng, Gerak Jalan 45 Kilometer Kembali Digelar

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemkab Buleleng akhirnya memutuskan untuk mengembalikan  lomba Gerak Jalan (GJ) 45 kilometer kembali digelar serangkaian HUT Kemerdekaan RI. Selama ini, beberapa kali GJ 45 Kilometer ditiadakan.

GJ 45 KM sempat tidak terlaksana pada saat pandemi COVID19, namun pada Agusus 2022, GJ 45 KMsempat dilaksanakan. Saat itu, penyelenggaranya oleh KONI Buleleng. Tetapi pada tahun 2023 lomba yang sama tidak terlaksana karena keterbatasan anggaran. Pada tahun 2024, Pemkab Buleleng sempat meniadakan GJ 45 KM karena pertimbangan keamanan menjelang Pilkada serentak. Namun, dorongan kuat dari masyarakat agar pemerintah melaksanakan lomba ini sebagai ciri khas Agustusan di Buleleng, akhirnya Pemkab Buleleng kembali menggelar GJ 45KM dan dilaksanakan oleh Disdikpora Buleleng.

- Advertisement -

Masyarakat Buleleng memandang semarak kemerdekaan kurang seru tanpa dibarengi dengan lomba GJ 45 KM karena selama bertahun-tahun lomba tersebut telah menjadi ikon bagi Buleleng setiap peringatan HUT RI.

Lomba gerak jalan 45 kilometer, terakhir dilaksanakan pada tahun 2022 lalu. Kemudian pada tahun 2023, Disdikpora Buleleng hanya menggelar gerak jalan 8 kilometer dan 17 kilometer putri, dan lomba baris berbaris.

Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengatakan pihaknya menyetujui lomba gerak 45 kilometer dewasa putra kembali dilaksanakan tahun ini. Dia menyebut, antusias dari masyarakat tinggi untuk meminta gerak jalan tersebut kembali dilaksanakan. Selain itu, pihaknya juga mendapat desakan dari DPRD Buleleng agar lomba gerak jalan 45 kilometer itu kembali dilaksanakan. 

“Saya minta masukan ke staf, setelah melihat dinamika. Ya memang di masyarakat sangat antusias menginginkan gerak jalan 45 dilaksanakan lagi. Saya juga dapat masukan DPRD Buleleng, sehingga keputusannya akan diadakan,” ujar Lihadnyana, Kamis 18 Juli 2024.

- Advertisement -

Untuk pendaftaran, panitia telah membuka untuk pendaftaran empat kategori lomba gerak jalan. Yakni, lomba gerak jalan 45 kilometer, gerak jalan 8 kilometer SD, 8 kilometer SMP dan 17 kilometer SMA/SMK dan Umum.

Lihadnyana menyebut, untuk anggaran hadiah I, II, III, pada lomba gerak jalan 45 kilometer, Pemkab secara khusus menyiapkan hadiah dari APBD Perubahan 2024. Selain itu, dalam pelaksanaan nantinya panitia diminta untuk selalu berkoodinasi dengan Polres Buleleng, untuk mengoptimalkan keamanan. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts