Beri Semangat Peserta, Mangku Pastika dan I Nyoman Sutjidra Hadir Saat Gerak Jalan 45 KM

Singaraja, koranbuleleng.com | Gubernur Bali periode 2008 – 2018 (dua peridoe) Made Mangku Pastika terlihat ikut dalam euphoria lomba Gerak Jalan 45 Kilometer yang digelar Pemkab Buleleng, Sabtu 10 Agustus 2024.  Gerak jalan ini mengambil rute dengan start di Desa Celukan Bawang dan finish di Singaraja, pada pagi hari 11 Agustus 2024. Perjalanan peserta gerak jalan 45 Kilometer mencapai waktu tempuh 9-10 jam.

Mangku Pastika terlihat pada pagi hari di Taman Kota Singaraja. Kehadiran Pastika tampak disambut oleh Ketum KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja dan Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi. Kehadiran Pastika merupakan inisiatif pribadi karena ingin melihat keramaian dan semangat masyarakat Buleleng menyambut lomba gerak jalan 45 kilometer.

- Advertisement -

Dia juga secara khusus ingin memberikan semangat bagi para peserta, termasuk dari SMA Taruna Mandara dan SMA/SMK Bali Mandara yang ikut sebagai kontestan dalam lomba ini. Seperti diketahui, dua sekolah itu dirintis langsung oleh Made Mangku Pastika.

Dia mengaku mengikuti Gerak jalan ini dari lapangan Celukan Bawang, berbaur dengan masyarakat umum.  

“Saya hanya bernostalgia juga, masyarakat Buleleng ternyata masih semangat menyambut lomba gerak jalan ini. Kalau dulu satu pleton kan 45 orang,” kenang Pastika.  

Dia berharap lomba gerak jalan ini tetap bisa digelar menyambut Kemerdekaan RI, sebagai implementasi dari rasa patriotisme dan kebanggaan sebagai bagian dari NKRI. 

- Advertisement -

Bukan hanya Made Mangku Pastika, Mantan Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra juga hadir dikeramaian Lomba Gerak Jalan 45 Kilometer. Sutjidra juga menurunkan satu tim peserta bernama Relawan JOSS.

Sutjidra juga mengikuti timnya sejak di lapangan umum Celukan Bawang dan mengiringi dari belakang selama perjalanan sampai finish.

“Sambil mengisi waktu, lumayan untuk menyegarkan pikran mengikuti gerak jalan 45 kilometer, Apalagi semangat masyarakat juga sangat antusias menonton gerak jalan ini,” kata Sutjidra.

Gerak Jalan 45 Kilometer dilepas langsung Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, Sabtu malam.

Lomba ini digelar serangkaian dengan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024. Pemkab Buleleng sempat tidak menggelar lomba ini ditahun 2023 karena alasan keterbatasan anggaran. Namun pada saat Pandemi Covid19, lomba gerak jalan dari berbagai kategori juga pernah tidak terlaksana.

Lomba dimulai di Lapangan Sepakbola Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Sabtu 10 Agustus 2024 dan waktu start dimulai pukul21.00 wita dan akan berakhir di depan Lapangan Ngurah Rai Singaraja, Minggu 11 Agustus 2024.

Lomba Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra pada tahun 2024 ini diikuti oleh 29 regu. Sebanyak 21 regu  berasal dari umum, sekolah, perangkat daerah lingkup Pemkab Buleleng, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Lomba tahun ini juga diikuti delapan regu dari TNI/Polri. Satu regu berasal dari Polri yaitu Polres Buleleng dan tujuh regu dari satuan TNI seperti Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 900/SBW, Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 18/YKR, dan Detasemen Kavaleri (Denkav) 4/SP. Yonif Raider 900/SBW tercatat mengirim regu paling banyak yaitu lima regu. Namun, nantinya kategori TNI/Polri ini akan dipisah dengan kategori umum. 

Untuk kategori umum disiapkan total hadiah sebesar Rp110 juta bagi juara I, II, dan III. Sedangkan, untuk kategori TNI/Polri, diperebutkan tim terbaik dengan hadiah Rp10 juta.

Lihadnyana menjelaskan lomba gerak jalan 45 KM dewasa putra ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Lomba ini sebagai bentuk implementasi pengamalan nilai-nilai perjuangan para pahlawan dengan semangat dan jiwa 45.

“Oleh karena itu, melalui  lomba gerak jalan ini kita dapat menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda agar mampu meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan kita. Lomba ini juga sebagai bentuk kebanggaan menjadi warga Buleleng,” jelasnya.

Pj Bupati yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali ini berharap lomba ini berjalan lancar, aman, dan sukses. Peserta dapat berlomba dengan penuh semangat serta menjunjung tinggi sportivitas. Para peserta juga diharapkan bisa sukses mencapai garis akhir.

“Kepada peserta, harus tetap semangat dan mampu menjadi juara,” harapnya.

Lihadnyana juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung sehingga lomba gerak jalan 45 KM dewasa putra ini dapat terlaksana dengan aman dan lancar. Imbauan juga diberikan kepada para suporter agar tetap tertib dan menjaga sekaligus mengendalikan diri masing-masing. Dengan begitu, tidak mengganggu para peserta lomba dan penonton.

“Mudah-mudahan Tuhan senantiasa memberikan tuntunan dan sinar sucinya kepada kita semua, agar lomba gerak jalan ini dapat berjalan dengan sebaik – baiknya. Saya juga meminta maaf kepada masyarakat yang merasa terganggu dengan adanya lomba ini,” tutup dia. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts