Hidupkan Ekosistem Seni dari Kampus

Singaraja, koranbuleleng.com|Puluhan karya seni milik sejumlah seniman seni rupa Bali dipamerkan di Galeri Paduraksa, Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha Singaraja. Diantara yang dipamerkan, dominan mengantongi harga yang tinggi hingga mencapai Rp65 juta.

Koordinator Pameran First Action, I Wayan Sudiarta mengatakan, pameran ini digelar untuk menyemarakkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Pameran digelar dengan mengundang para seniman dari alumni dan mantan dosen di Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha Singaraja.

- Advertisement -

Selain karya seni lukis, dalam pameran ini juga ditampilkan berbagai karya seni lain. Seperti seni grafis, prasi, kriya kreatif dan patung. “Kita tidak tentukan tema, jadi seniman bisa berkarya sesuai motif personal mereka. Ada yang interes budaya, religi, kesenian, interpretasi dari objek sendiri, deformasi bentuk, serta imajinasi seniman. Jadi penilaiannya terhadap orangnya, bukan terhadap karya,” ujar Sudiarta, Senin 12 Agustus 2024.

Sudiarta menyebut, pameran diikuti oleh 27 peserta yang merupakan dosen, mahasiswa, alumni dan mantan dosen yang kini masih aktif menjalankan aktivitas seni. Pameran ini pun dibuka untuk umum mulai 12-30 Agustus 2024. Dimana, dipamerkan ini bisa dilihat karya-karya seni rupa yang memiliki harga jutaan rupiah. Bahkan ada satu lukisan yang dihargai Rp65 juta.

“Target pertama pameran ini bisa jadi ruang apresiasi, kita buka seluas-luasnya masyarakat untuk datang. Karena Bali Utara agak langka, masyarakat luas bisa datang berdialog bersama pegiat seni yang ada di pameran ini,” ucapnya.

Kata Sudirta, adanya pameran ini diharapkan bisa menjadi titik awal kembali menghidupkan ekosistem seni di kampus. Dimana pandemi Covid-19 telah memberikan dampak signifikan terhadap aktivitas kreatif di kampus.

- Advertisement -

Selain itu, dengan pameran ini diharapkan bisa mendongkrak seniman khususnya yang ada di Bali Utara lebih semangat dalam membuat karya. Mengingat selama ini, tidak ada satupun ruang yang disediakan bisa mengakomodir untuk perhelatan pameran seni rupa.

“Di Bali Utara, hampir ada tempat yang khusus menyediakan ruang bagi para seniman untuk memamerkan karya-karyanya. Sehingga dengan galeri Paduraksa kita ini, dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengapresiasi karya seni dan sekaligus mendukung perkembangan seni rupa di daerah,” kata dia.

Ditempat yang sama, Rektor Undiksha Singaraja I Wayan Lasmawan mengatakan, dengan adanya pameran ini diharapkan bisa memperkenalkan Undiksha lebih jauh ke masyarakat. Pameran ini pun diharapkan bisa menjadi agenda tahunan. Dia pun berjanji, kedepannya akan menyiapkan tempat yang lebih layak untuk menggelar pameran.

“Saya berharap galeri ruang pamer bisa lebih baik dari ini. bahwa kami akan berusaha untuk menyiapkan galeri lebih prover agar bisa menampilkan lebih banyak karya seni kedepannya,” kata dia.(*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts