Polres Buleleng Bangun Gedung Baru dari Hibah Pemerintah

Singaraja, koranbuleleng.com|Polres Buleleng kini tengah membangun gedung baru, untuk menunjang pelaksanaan pelayanan masyarakat. Gedung yang dibangung dari hibah Pemkab Buleleng tersebut, akan dibangun dua lantai dengan nilai kontrak Rp14,2 miliar.

Pembangunan gedung diawali dengan prosesi peletakan batu pertama oleh Penjabat (PJ) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana dan Kapolres Buleleng, AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi pada Selasa, 17 September 2024.

- Advertisement -

Adapun Pemkab Buleleng memberikan hibah sebesar Rp14,8 miliar kepada polres. Hibah tersebut, kemudian digunakan untuk membangun gedung di sisi barat dengan nilai kontrak Rp14,2 miliar dengan waktu pengerjaan selama 98 hari.

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi mengatakan, gedung baru ini nantinya akan dimanfaatkan untuk ruang Kasat dan Anggota, serta seksi-seksi penunjang pelaksanaan dalam melayani masyarakat. Dengan adanya gedung baru, pelayanan terhadap masyarakat disebut akan lebih maksimal.

“Nanti ruang Sat Narkoba, ruang Sat Reskrim kita pindahkan ke gedung baru ini. Termasuk juga ruang bagian logistik, sumber daya, dan sebagainya,” ujar Widwan.

Kata Widwan, ruangan yang dimiliki Polres Buleleng saat ini terbatas. Sementara kebutuhan organisasi, penanganan-penanganan pelayanan masyarakat, dalam perkembangannya semakin banyak. Terlebih jumlah anggota Polres Buleleng totalnya sebanyak 1000 orang. Dengan jumlah anggota yang banyak, dalam satu ruangannya anggota harus bekerja berjubel.

- Advertisement -

“Maka dari itu dipandang perlu tambahan gedung ataupun ruangan untuk anggota bekerja dan melayani masyarakat. Tentunya ini sangat membantu sekali,” katanya.

Ditempat yang sama, PJ Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengatakan, hibah ini diberikan agar tugas kepolisian sebagai pelindung dan pelayan masyarakat bisa bekerja maksimal, dengan sarana prasarana yang memadai. Ia pun mengaku sebelumnya sempat mengecek keadaan ruangan yang ada di Polres Buleleng. Dari pemantauan pihaknya, ruangan yang ada di Polres belum disebut belum memadai.

“Saya langsung cek, terus terang saja satu ruangan kecil itu sampai 46 orang, itu kurang layak. Sehingga ada niat bagaimana memanfaatkan anggaran kita untuk membantu pembangunan Polres Buleleng,” kata dia.

Kata Lihadnyana, pembangunan gedung polres, dalam rangka mewujudkan Kamtibmas, kondusifitas, terlebih dalam rangka Pemilukada serentak. Selain pembangunan gedung Polres Buleleng ini, sejumlah pembangunan infrastruktur juga telah dikerjakan dan beberapa diantaranya disebut sudah berjalan. Seperti halnya perbaikan jalan di Kecamatan Tejakula, Kubutambahan, Banjar, Kota Singaraja, termasuk juga di Busungbiu.

“Yang jelas, proyek ini (pembangunan gedung Polres) dilaksanakan dengan cara seksama, secara transparan, tidak ada fee-feean,” katanya. (*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts