Kotak Suara sudah Tiba di Gudang KPU Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com| Sebanyak 2.364 kotak suara Pilkada 2024 tiba di gudang KPU Buleleng, di Desa Pemaron, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Jumat, 27 September 2024. Sebelumnya sejumlah logistik lainya, seperti tinta dan segel plastik juga tiba sejak 20 September 2024 lalu.

Adapun sejumlah logistik Pilkada 2024 itu, disebut didatangkan dari PT. Jawi Abadi, Surabaya. Rincinya sebanyak 2.364 kotak suara, 4.692 bilik suara, dan 14.076 segel plastik.  “Kita masih dalam tahap penyelesaian kelengkapan logistik. Kami telah menerima kotak suara, bilik suara, tinta, dan segel,” kata Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana, Jumat sore. 

- Advertisement -

Dudhi mengatakan, untuk surat suara saat ini masih dalam pembahasan di KPU Pusat. Nantinya, untuk surat suara akan dicetak lebih 2,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jumlah 2,5 persen itu, akan digunakan sebagai cadangan. 

Kata Dudhi, disain surat suara pun saat ini sudah disetujui oleh tim dari pasangan calon. Surat suara itu pun, akan segera dicetak di wilayah Denpasar. Nantinya dalam pelipatan surat suara, KPU Buleleng disebut akan melibatkan masyarakat seperti halnya pada Pileg 2024. 

“Kami akan melibatkan tenaga kerja dari luar (masyarakat) untuk membantu proses, namun jumlahnya tidak sebanyak pemilu sebelumnya, relatif sedikit,” kata dia. 

Dudhi menambahkan, pihaknya saat ini tengah menghitung tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan pelipatan surat suara tersebut. Tenaga pelipat, nantinya akan dihitung bedasarkan estimasi waktu pelipatan. “Kami akan berkoordinasi dengan sekretariat untuk menentukan jumlah kebutuhan tenaga lipat surat suara yang tepat,” ucapnya.(*)

- Advertisement -

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts