Saka Bahari Bersihkan Sampah Pelabuhan Buleleng

Singaraja| Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Kwarcab Buleleng melakukan aksi pembersihan di Kawasan Eks Pelabuhan Buleleng dari sampah kiriman, Minggu (21/2) kemarin.

Aksi Gerakan Peduli Sampah tersebut dirangkaikan dengan peringatan Hari Sampah Nasional (HSN) 2016 dan Baden Powell Day. Kegiatan itu menyasar Kawasan Eks Pelabuhan Buleleng lantaran kondisi saat ini, Kawasan yang menjadi tujuan kunjungan wisatawan tersebut dipenuhi oleh Sampah Plastik, akibat kurangnya kesadaran masyarakat, termasuk pula adanya sampah kiriman yang memenuhi pantai di Kawasan tersebut.

- Advertisement -

Dari aksi tersebut, Anggota Saka Bahari Kwarcab Buleleng berhasil mengumpulkan sepuluh kantong sampah plastik, yang selanjutnya bersama Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Buleleng melakukan pembersihan terhadap sampah-sampah kiriman di pesisir pantai.

“Kami dari Saka Bahari dalam rangka Hari Sampah Nasional dan Baden Powell Day, kami ikut membersihkan sampah atau beach clean up, karena dalam konservasi ketika sampah ini masuk kelaut akan berdampak pada terumbu karang, jadi ini salah satu kepedulian kami agar sumber bahari tetap terjaga, “ ungkap Wakil Ketua Dewan Saka Bahari Buleleng, Ni Nyoman Ardiani.

Sementara itu, Pamong Saka Bahari Buleleng Made Suartha menjelaskan, aksi bersih bersih ini merupakan agenda rutin yang dilakukan saka Bahari Buleleng setiap bulan. Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mendukung Program Pemkab Buleleng untuk mewujudkan Buleleng Bebas Sampah Plastik.

“Ini satu wujud dukungan kami terhadap penanganan dan pengelolaan sampah di Buleleng, bukan kali ini saja kami turun melakukan pembersihan lingkungan, karena memang aksi seperti ini kami programkan dan kami lakukan secara rutin,” Jelasnya. |RM|.

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts