Longsor Tutup Jalan Lemukih, Pohon Berusia Seratus Tahun Ikut Tergerus

Singaraja | Longsor menerjang Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Jumat (8/4). Dampaknya, jalan desa tertutup. Warga dari pusat Desa Lemukih menuju Banjar Dinas Nangka tidak bisa melintas karena seluruh badan jalan sempat tertutup.

Sebuah pohon besar yang berusia kurang lebih seratus tahun juga ikut tergerus dan menutup jalan bersama longsoran tanah. Namun karena kesigapan warga, sebagian besar material longsoran berhasil dibersihkan secara gotong royong. Tetapi kendaraan belum bisa sepenuhnya melewati jalur ini

- Advertisement -

Kelian Dinas Banjar Nangka, Ketut Armilit mengaku sempat kebingungan untuk membersihkan pohon yang melintang dijalanan. Diameter akar pohon tersebut kurang lebih empat hingga lima meter.

“Ada warga yang punya gergaji mesin, kami sewa. Tapi belum berhasil, karena kayunya keras sekali. Sudah beberapa kali rantai gergajinya putus,” ungkap Kelian Banjar Dinas Nangka, Ketut Armilit yang ditemui di lokasi.

Menurut warga setempat, peristiwa tanah longsor itu  terjadi pada Jumat dinihari. Sebelumnya,  warga mendengar suara bergemuruh dan setelah dilihat sebuah tebing setinggi kurang lebih 7 meter longsor menimbun jalan.

Akibat peristiwa longsor ini, warga hanya bisa berjalan kaki dari pusat desa menuju dusun lainnya di Lemukih karena badan jalan tertutup longsoran. |NP|

- Advertisement -

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts