Metera dan Wiratmaja Ditetapkan sebagai Ketua dan Sekretaris Tim Seleksi

Singaraja | Mantan Rektor Universitas Panji Sakti, Dr. I Gde Made Metera dan Jurnalis senior Ketut Wiratmaja sudahditetapkan sebagai Ketua dan Sekretaris Tim Seleksi Pemilihan Panitia Pengawas Pilkada Buleleng. Sementara Prof.Dr.H Agil Al Idrus, sebagai anggota tim seleksi.

Ketua Bawaslu Bali, Ketut Rudia ketiga tim seleksi ini akan menyusun jadwal untuk seleksi panitia pengawas pemilihan (Panwaslih) Pilkada Buleleng. Dalam seleksi Panwaslih Pilkada Buleleng, mereka diberikan kewenangan penuh untuk menentukan anggota Panwaslih Pilkada Buleleng yang punya kualitas sesuai dengan berbagai pertimbangan.

- Advertisement -

Pada dasarnya, kata Rudia syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh calon anggota Panwaslih adalah tidak menjadi salah satu anggota partai politik, Independen, Berintegritas dan Professional. Nantinya, Semua persyaratan dari calon anggota Panwaslih Buleleng juga akan melalui verifikasi.

“Semua akan di verifikasi, tidak boleh tidak. Seleksi ini memang cukup ketat karena mereka akan menjaga proses pergantian kepemimpinan dan demokrasi kita. Kita tidak main-main dengan seleksi ini,” ujar Rudia.

Sementara itu, Sekretaris Tim Seleksi, Ketut Wiratmaja mengungkapkan tim seleksi akan melakukan seleksi secara transparan dan sesuai dengan koridor aturan yang ada. Tim ini berupaya untuk mewujudkan Pilkada Buleleng yang Luber Jurdil dengan memilih Pengwas yang berintegritas.

“Kita bersama-sama menginginkan Pilkada yang berintegritas. Siapapun boleh mendaftar untuk mengikuti seleksi sesusai dengan ketentuan yang sudah ada. Kita sudah susun jadwal untuk tahapan seleksi ini. Secara lengkap juga bisa dilihat langsung di website resmi Bawaslu Bali,” ujar Wiratmaja.

- Advertisement -

Profil Tim seleksi

  1. DR. I Gde Made Metera lebih dikenal sebagai Dosen Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panji Sakti, beliau juga aktif sebagai pengamat Pemilu dengan terjun dalam Pokja Kerja Sama Pengawasan Pemilu Bawaslu Provinsi Bali, dan terlibat juga sebagai anggota Tim Seleksi Panwas Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2015.
  2. I Ketut Wiratmaja, SH merupakan pakar Kepemiluan, beliau mantan Panwas Kabupaten Buleleng Tahun 2009, Sebagai Tim Seleksi Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota se- Bali Tahun 2012, terlibat juga sebagai anggota Tim Seleksi Panwas Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2015, dan menjadi Presiden Komunitas Jurnalis Buleleng dari Tahun 2008 sampai sekarang.
  3. Prof. Dr. H. Agil Al Idrus, M.Si merupakan Guru Besar dalam bidang Pendidikan Biologi FKIP Unram, beliau juga aktif sebagai Tim Seleksi Penyelenggara Pemilu di NTB diantaranya Ketua Tim Seleksi Bawaslu Provinsi NTB Tahun 2012, Tim Seleksi KPU  Provinsi NTB Tahun 2013, Tim Seleksi Panwas Kabupaten di Provinsi NTB Tahun 2014.

|NP| http://www.bawaslu-baliprov.go.id|

 

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts