Gerakan Melukis di Drum Untuk Rubah Prilaku Buruk Soal Sampah

Singaraja | Untuk menarik minat masyarakat membuang sampah pada tempatnya, sejumlah seniman dan pelajar serta pecinta lingkungan melakukan aksi kreatif, melukis tong sampah dari drum dengan berbagai tema lingkungan. Gerakan ini dimotori oleh yayasan Manik Bumi, Singaraja.

Nantinya, puluhan tong sampah drum yang sudah berisi lukisan ini akan disumbangkan kepada masyarakat di sepanjang daerah aliran sungai di Kampung Singaraja. Tong-tong sampah itu sengaja dilukis untuk menggugah perhatian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya serta menjaga alam untuk keberlangsungan habitat dan alamnya.

- Advertisement -

Lukisan-lukisan itu semua berisi pesan lingkungan. Baik itu soal kritik-kritik sosial baik terhadap pemerintah sebagai regulator aturan maupun masyarakat.

Kreatornya, Luh Gede Juli Wirahmini mengatakan agenda melukis di tong sampah drum ini untuk menarik minat masyarakat menjaga dan mengelola sampah dengan baik di sekitar lingkungan terdekatnya.

Semua yang ikut melukis di tong sampah ini diberikan kebebasan untuk mengekspresikan seninya dengan gaya atau motif apapun. Yang terpenting, pesannya bisa sampai secara tepat sehingga prilaku masyarakat berubah dan menjadi lebih baik.

“Kita lakukan ini untuk mengugah masyarakat agar sadar tidak membuang sampah sembarangan. Dengan memberi warna dan warni, pesan dari lukisamn-lukisanitu, kita berharap masyarakat lebih tertarik untuk membang sampah pad atempatnya,” ujar Juli di sekretariatnya Jalan Seroja, Singaraja.

- Advertisement -

Anggi, salah satu peserta juga berharap yang sama. Tong sampah dengan berbagai motif lukisan ini bisa memberi efek penyadaran yang lebih baik kepada masyarakat untuk menjaga lingkungannya.

Anggi membuat sebuah lukisan berupa kritik terhadpa masyarakat yang membuang sampah plastik secara sembarangan sehingga bumi terlihat sangat tercemar.

“Ya sendiri sangat senang bisa ikut melukis. Kita semua berharap, masyarakat sadar dan selalu menjaga lingkunganya agar tetap bersih dari sampah plastik,”ujarnya.

Selain melukis, mereka juga dihibur oleh anak-anak band Singaraja, Relung Kaca yang sudah sering mengkampanyekan pelestarian alam dan lingkungan di setiap aksinya. |PW|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts