Drama Gong KSB Ramaikan Panggung PKB Buleleng

Singaraja| Drama gong dari sekeha Kampung Seni Banyuning (KSB) akan meramaikan  panggung Pesta Kesenian Bali (PKB) Kabupaten Buleleng yang bertema “Karang Awak” di Pelabuhan Buleleng, 27-30 Mei 2016 mendatang.

KSB akan mementaskan Sukreni Gadis Bali pada hari ketiga, Minggu (29/5). Sejumlah persiapan dan latihan sudah digelar oleh KSB secara maraton. Nantinya, KSB juga akan tampil mewakili Buleleng di PKB Bali Juni mendatang.

- Advertisement -

Untuk persiapannya, Panitia dari Disbudpar Buleleng juga sudah mensetting panggung di pelataran dermaga Pelabuhan Buleleng. Selain itu, Pesta Kesenian Bali (PKB) tingkat Kabupaten Buleleng dijamin akan lebih ramai tahun ini. Selain mementaskan sejumlah tarian yang akan menjadi duta perwakilan di PKB Bali mendatang dan pameran seni rupa, juga akan digelar perlombaan membuat penjor upacara di Pelabuhan Buleleng.

Pameran yang akan menampilkan hasil kesenian para Perupa Buleleng ini nantinya akan dipamerkan di gedung tua di Pelabuhan Buleleng karena gedung tersebut memiliki nilai-nilai historis cukup kuat tentang perjalanan sejarah Singaraja. Sementara untuk lomba penjor upacara ini akan diikuti oleh Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) Dilingkup Pemkab Buleleng.

“Lomba ini digelar untuk bisa menginterprestasikan pemanfaatan Penjor untuk sarana upacara, bukan untuk sekedar hiasan belaka,” ujar Kadisbudpar Buleleng Nyoman Sutrisna.

Disisi lain, dalam pelaksanaan PKB ke-38 tingkat Provinsi Bali, Kabupaten Buleleng tidak mengikuti dua program kegiatan yakni Taman Penasar dan Dalang Anak anak. Hal itu karena dua kesenian itu memang bukan kararter Buleleng. Hanya saja, tahun depan Disbudpar Buleleng akan mulai melakukan pembinaan sehingga tahun depan bisa diikuti dalam ajang PKB.|RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts