Bank Sampah Semakin Marak

Singaraja, koranbuleleng.com, Sejumlah komunitas mulai menggilai untuk mendirikan Bank sampah di sejumlah desa di Buleleng. Ini menjadi cermin bahwa masyarakat semakin sadar untuk menjaga lingkungannya tetap bersih. Salah satunya, kembali berdiri di desa wisata, Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada yang dibuka secara resmi oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Jumat 15 Juli 2016. Bank ini dinamakan Bank Bersih Lestari.

Dalam peresmian tersebut dilakukan pula penandatanganan kerjasama dengan Sekolah yang ada di Desa Ambengan. Nantinya, sejumlah siswa di desa ini akan menabung melalui bank sampah. Sampah bisa dibawa ke Bank sampah Bersih Lestari.

- Advertisement -

Dalam kesempatan itu, Bupati Suradnyana didampingi Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG, Anggota DPRD Buleleng Komisi I Dapil Kecamatan Sukasada Wayan Teren,SH, dan Pimpinan SKPD terkait lingkup Pemkab Buleleng.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengatakan sangat mengapresiasi pendirian Bank Sampah Bersih Lestari Desa Ambengan ini karena ini merupakan langkah yang inovatif untuk pelestarian dan kebersihan lingkungan.

“Desa Ambengan merupakan salah satu Desa wisata di Buleleng, jadi warga harus bisa menjaga kebersihan agar wisatawan lebih banyak datang kesini,” katanya.

Ia menambahkan selain bisa mengatasi permasalahan sampah di desa, dengan adanya Bank Sampah ini, warga setempat bisa menambah penghasilan dengan menjual sampah ke Bank Sampah.

- Advertisement -

Bupati berharap nantinya desa Ambengan bisa lebih berkembang dengan ditunjang kebersihan lingkungannya. Disini, Bupati memberikan bantuan motor sampah untuk memperlancar kinerja Bank Sampah Bersih Lestari Desa Ambengan.

Sementara itu, Perbekel Ambengan Gede Subrata mengatakan, dibangunnya Bank Sampah Bersih Lestari Desa Ambengan ini dilatar belakangi karena tergeraknya masyarakat Desa untuk mengembangkan Desa dari sektor kebersihan lingkugan.

“Desa Ambengan sudah menjadi desa wisata, jadi warga ingin membersihkan lingkungan agar wisatawan bisa lebih banyak datang ke ambengan,” ujarnya.

Perbekel menambahkan warga desa Ambengan berkomitmen untuk membantu program Buleleng Bebas Sampah Plastik. Bantuan motor sampah yang diberikan oleh Bupati akan digunakan secara maksimal untuk menjaga lingkungannya tetap bersih dan lestari. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts