Disdukcapil Buka Layanan Saat Cuti Bersama

Singaraja,koranbuleleng.com | Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Buleleng tetap membuka layanan publik untuk melayani masyarakat Buleleng yang membutuhkan pembuatan identitas kependudukan, Kamis 26 Januari 2017. Pelayanan untuk administrasi kependudukan baik itu pengrusan KTP, KK, maupun Akta tetap berjalan.

Hanya saja, waktu pelayanan tidak seperti hari hari biasanya. Disdukcapil hanya memberikan pelayanan pengurusan administrasi kependudukan sejak pukul 09.00 wita hingga pukul 13.00 Wita.

- Advertisement -

Kondisi itu mendapat antusias dan kesan positip dari masyarakat. Hal itu terlihat dengan kedatangan warga Buleleng ke Disdukcapil. Kunjungannya pun masih ramai, sama seperti hari biasanya ketika pelayanan dibuka. Pemberian pelayanan di hari libur itu juga dipantau langsung oleh Kadisdukcapil Buleleng Putu Ayu Reika Nurhaeni.

Dalam durasi waktu pelayanan hanya empat jam, Disdukcapil mampu menyelesaikan sekitar 230 dokumen administrasi kependudukan.

“Ini lebih kepada memberikan pelayanan yang membahagiakan bagi masyarakat Buleleng, karena pelayanan ini akan mengurangi beban untuk pengurusan dokumen kependudukan di Bulan Januari. Sebenarnya tidak ada target, tapi lebih kepada memberikan pelayanan,” ujar Reika Nurhaeni.

Menurutnya, pelayanan untuk pengurusan dokumen administrasi kependudukan di Hari kamis diberikan sesuai dengan hari biasanya. Sementara itu terkait dengan pembuatan KTP-El, Disdukcapil Buleleng masih memberikan surat keterangan.

- Advertisement -

“Khusus untuk yang mau mengurus KTP-El, kami masih memberikan surat keterangan pengganti KTP-El, karena memang keping nya belum tersedia. Untuk pengadaan kepingnya memang dilakukan di Pusat, dan kami belum tahu kapan itu akan didstribusikan ke daerah termasuk ke Buleleng,” imbuhnya.

Sementara itu, pelayanan di hari libur ini mendapat apresiasi dari sejumlah masyarakat di Kabupaten Buleleng. Salah satunya Made Sukarta Wrga Desa Petemon Kecamatan Seririt. Ia merasa terbantu dengan dibukanya pelayanan oleh Disdukcapil ini. Ia datang bersama istrinya untuk mengurus akta kelahiran anaknya, mengaku tidak tahu kalau Kamis, merupakan libur cuti bersama.

“Saya tidak tahu sebenarnya hari ini libur, sebelumnya saya datang ke kantor camat tapi disana tutup. Langsung saja saya coba ke kota, untungnya disini buka. Ya sedikitnya merasa terbantu juga, karena saya kan dari jauh pak, kalau pas ke kota ternyata tutup, kan pocol jadinya saya datang,” ujarnya.|RM|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts