Sekutu PDIP di Pilkada Buleleng Kuasai Alat Kelengkapan Dewan

Singaraja, koranbuleleng.com |Partai sekutu PDIP yang berkoalisi mengusung paket PASS (Putu Agus Suradnyana dan Nyoman Sutjidra) saat Pilkada Buleleng menguasai seluruh jabatan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Buleleng dalam rapat pergantian jabatan AKD, Jumat 7 April 2017. Rolling AKD dipimpin langsung Ketua DPRD Gede Supriatna, didampingi tiga wakil ketua.

Anggota koalisi PASS di Hati yakni PDIP, Partai Nasdem, PPP. Partai Hanura, Partai Gerindra  menyapu enam jabatan AKD. PDIP sebagai fraksi terbesar di DPRD Buleleng kuasai tiga jabatan yakni Badan Kehormatan (BK), Komisi I dan Komisi II. Sedangkan kursi jabatan AKD lainnya diberikan sekutu koalisinya yakni Fraksi Gerindra pimpin Badan Legislatif (Baleg), kemudian Fraksi Nasdem pimpin Komisi III dan Komisi IV dikuasai oleh Fraksi Hanura.

- Advertisement -

Proses rolling ini tidak mendapatkan kendala ataupun friksi antar fraksi. Fraksi Golkar dan Fraksi Demokrat tidak mendapatkan jatah AKD dan hanya menajdi anggota dari AKD.

Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna menyatakan proses rolling jabatan ini sudah sesuai dengan amanat Undang-undang serta Tata tertib yang telah ada. Kedepan, paska rolling jabatan AKD ini bisa memberikan semangat baru dalam mejalankan tugas pengawasan lembaga DPRD Buleleng terhadap eksekutif.

Sementara itu, ketua Fraksi Partai Golkar Gede Suparmen mengatakan pihaknya merasa tahu diri untuk tidak mengejar atau berebut jabatan AKD karena karenakalah suara.

“Kami kan tidak mungkin merebut dengan kekuatan tidak imbang. Dari pada kami memaksakan kehendak, kan tidak baik juga, lebih baik kami ikuti mekanisme saja, agar pembangunan bisa berjalan lancar,” terangnya.

- Advertisement -

Baik fraksi Golkar dan Demokrat hanya melakukan perubahan formasi keanggotaan di AKD menyesuaikan dengan keahlian masing-masing anggotanya.

“Rolling anggota mengedepankan fungsi pengawasan terhadap kinerja eksekutif agar lebih baik. Penempatan anggota pun harus disesuaikan dengan bidang masing-masing anggota dan ini sudah menjadi perintah partai,” tegas Luh Hestiranitasari, Ketua Fraksi Partai Demokrat.|NP|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts