PKK Desa Sepang Duta Nasional

Singaraja, koranbuleleng.com | Tim Penggerak PKK Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu melaju ke lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tingkat nasional mewakili Propinsi Bali. Keterpilihan PKK Desa Sepang sebagai duta nasional tidak lepas dari kerja keras pembinaan dari PKK Kabupaten Buleleng dibawah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng, Ny Aries Sujati Suradnyana.

Tim Penggerak PKK Desa Sepang yang sebelumnya mewakili Kecamatan Busungbiu dalam Lomba KKG-PKK-KB-Kes tahun 2018 berhasil menjadi Juara I di bidang Kesatuan Gerak dan UP2K di tingkat Kabupaten Buleleng. Untuk Tingkat Provinsi Bali, Desa Sepang meraih Juara I di bidang KB. Dari prestasi itu, PKK Desa Sepang berhak menjadi duta Provinsi Bali di Tingkat Nasional.

- Advertisement -

Tim Verifikasi Lapangan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Nasional yang dipimpin Direktur Kerjasama Pendidikan Kependudukan, BKKBN Ahmad Taufik disambut antusias oleh Tim Penggerak PKK Desa Sepang. Tim Verifikasi Lapangan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Nasional melakukan penilaian yang dipusatkan di Wantilan Desa Sepang, Kamis (3/5).

Dalam kesempatan itu hadir Asisten Satu Setda Kabupaten Buleleng Made Arya Sukerta,SH,MH., yang mewakili Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST., Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana, Camat Busungbiu Drs. Made Supartawan,MM, Perbekel Desa Sepang I Putu Agung Mahardika, Ketua TP PKK Desa Sepang Ny. Merta Dewi Mahardika, dan Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng.

Dalam laporannya, Ketua TP PKK Desa Sepang Ny. Merta Dewi Mahardika melaporkan, TP PKK Desa Sepang telah mengimplementasikan 10 program pokok PKK dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Ia mengaku seluruh program PKK telah menjadi roh dalam kehidupan masyarakat Desa Sepang. Ny. Merta Dewi Mahardika menjelaskan, TP PKK Desa Sepang telah melakukan beberapa inovasi seperti lomba-lomba tentang PKK.

Dalam Sambutan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST yang dibacakan Asisten Satu Setda Kabupaten Buleleng Made Arya Sukerta,SH,MH, mengatakan, Lomba Ini bukan semata-mata untuk mencari juara, melainkan bagaimana upaya yang dilakukan oleh Perbekel di dalam menggerakan semua unsure masyarakat untuk berpartisipasi dan mengembangkan potensi yang dimiliki seperti hasil perkebunan yaitu kopi, coklat, dan cengkeh. Selanjutnya, dalam sambutan Bupati Buleleng disebutkan, dengan adanya olahan susu kambing yang dimiliki Desa Sepang, Perbekel harus mampu mengembangkan potensi ini dengan baik.

- Advertisement -

Ditemui usai acara, Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng mengatakan, TP PKK Desa Sepang sudah masuk enam besar Tingkat Nasional dalam lomba ini. Ia meyakini, TP PKK Desa Sepang mampu meraih juara dalam lomba kali ini. Istri dari orang nomer satu di Buleleng ini berharap, Program PKK bisa dilaksanakan pada kehidupan sehari-hari bukan.

“Desa Sepang memiliki keunggulan yakni dalam bidang UP2K yaitu olahan susu kambing yang mampu dikembangkan menjadi Steak, ice cream, yogurt, handbody, shampoo, sabun, cream dan lain-lain, tentunya ini akan memberikan nilai tambah dalam ajang lomba kali ini,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Kerjasama Pendidikan Kependudukan, BKKBN Ahmad Taufik, lomba ini secara rutin diadakan tiap tahun. Ia menjelaskan, lomba ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan meningkatkan kualitas manusia. Ahmad Taufik menerangkan, ada beberapa indikator penilaian dalam lomba ini.

“Bagaiman koordinasi antar PKK ditingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa. Selain itu, kolaborasi antara PKK dan masyarakat untuk bergotong royong melakukan usaha yang positif sehingga bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat dari desa yang bersangkutan,” paparnya. |RKB/R|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts