Hidup Sehat Dimulai Dari Diri Sendiri

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng menggelar program kesehatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas) dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN) ke-54 di Taman Kota Singaraja, Jumat 9 Nopember 2018. Dalam program ini juga dilakukan Penandatanganan Penggalangan Komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas) yang dilakukan oleh Pimpinan Organisasi Perangkat daerah (OPD) Lingkungan Pemkab Buleleng.

Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat dan Layanana Pengadaan Kabupaten Buleleng, Ni Made Rousmini menjelaskan peringatan HKN ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitative.

- Advertisement -

Mengubah pola hidup ke arah promotiv preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri adalah salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

Meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) telah diprakarsai oleh Presiden RI Joko Widodo menjadi suatu gerakan nasional yang tertuang dalam inpres no. 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

Pemerintah harus semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi tingginya yang dimulai dari kita masing masing.

Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait.

- Advertisement -

Sementara Rousmini mengatakan, Buleleng sudah melakukan berbagai inovasi dalam program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas) yang mendukung perilaku dan mengedukasi pola hidup sehat. “Kami sudah banyak melakukan tambahan Inovasi melaui Germas ini diantaranya melakukan gerakan kebersihan lingkungan, donor darah, pelaksaan aktivitas yang bersih setiap hari, pemeriksaan kesehatan dengan teratur”. katanya

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Buleleng, dr. Gusti Mahapramana mengungkapkan, peringatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) ke 54 ini mengambil tema ‘’Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.  Tema ini diharapkan akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat.

Selain itu pihaknya sudah melakukan berbagai lomba hingga workshop dalam peringatan HKN ke-54 di Kabupaten Buleleng. Juga Pemerintah memberikan pemahaman agar masyarakat mengerti  dan sadar dalam mengubah perilaku untuk hidup sehat dan selalu menjaga lingkungan yang sehat.

”Bila kesehatan terganggu ada beberapa faktor yang menyebabkan seperti faktor perilaku, dan faktor lingkunganlah yang terbesar sedangkan dari sumber penyakit hanya sedikit, jadi lebih baik mencegah penyakit dari pada mengobati dan mengutamakan pola hidup sehat”, katanya.

Saat peringatan HKN di Buleleng dilakukan serta dilakukan donor darah, gemar makan buah dan pemeriksaan dan pelayanan kesehatan di tempat. Peringatan ditandai dengan pelepasan balon. |R/NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts