RSUD Buleleng Raih Akreditasi Bintang Lima

Singaraja, koranbuleleng.com | Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) mengumumkan bahwa RSUD Buleleng lulus akreditasi tertinggi dalam standar pelayanan rumah sakit, yakni “Paripurna” (Bintang Lima).

“Ya, akreditasi itu (Paripurna) sudah diumumkan kemarin tanggal 3 Desember 2018 melalui web resmi Komisi Akreditasi Rumah Sakit,” ungkap Wiartana, Selasa 4 November 2018.

- Advertisement -

Wiartana melanjutkan bahwa proses penilaian akreditasi yang dilaksanakan oleh KARS sudah berlangsung satu bulan yang lalu. Tim yang menilai pelayanan di RSUD Buleleng itu terdiri dari 6 orang penilai (surveyor). Tim dimaksud melaksanakan penilaian penuh selama lima hari, dari tanggal 29 Oktober – 6 Nopember 2018.

“Aspek yang dinilai hampir seluruh yang menyangkut penyelenggaraan rumah sakit. Mulai dari aspek administrasi, standar manajemen, standar pelayanan kepada pasien, standar operasional, standar keselamatan pasien. Jadi total ada 1.327 elemen (item) yang dinilai,” terangnya.

Menurut Wiartana, tim melakukan penilaian secara detail, objektif, dan berhati-hati. Penilaian bukan saja dilakukan berdasarkan penjelasan pihak rumah sakit, tetapi juga langsung melakukan konfirmasi administrasi dengan stakeholders rumah sakit lainnya, termasuk dokter, perawat, pasien, dan keluarga pasien.

Wiartana juga menerangkan bahwa Akreditasi Paripurna (Bintang Lima) yang diperoleh tahun ini merupakan prestasi yang kedua kalinya diraih oleh RSUD Buleleng, setelah pada tahun 2015 lalu juga memperoleh hasil penilaian akreditasi yang sama.

- Advertisement -

“Jadi akreditasi ini ada setiap tiga tahun sekali. Tiga tahun yang lalu kami juga memperoleh tingkat kelulusan Paripurna juga,” terang Wiartana.

Dokter yang telah berusia 56 tahun ini juga berjanji akan terus meningkatkan mutu pelayanan di RSUD Kab.Buleleng guna mempertahankan predikat akreditasi Bintang Lima ini.

“Jadi istilahnya ini never ending process. Upaya-upaya peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien akan terus kami lakukan. Yang sudah baik akan kami pertahankan, dan yang belum baik akan terus kami perbaiki,” pungkas Wiartana.

Untuk diketahui, RSUD Buleleng sudah dua kali berturut-turut memperoleh hasil akreditasi dengan predikat Paripurna atau Bintang Lima, yaitu tahun 2015 dan 2018.

Berdasarkan pengumuman KARS melalui website resminya, pada tahun 2018 ini hanya ada 49 rumah sakit yang memperoleh akreditasi Paripurna dari seluruh Indonesia. Di Bali tercatat hanya 3 rumah sakit yang memperoleh akrditasi Paripurna, salah satunya RSUD Buleleng.|R|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts