Pemerintah Jepang Sumbang Mesin Penyedia Air Bersih

Singaraja, koranbuleleng.com | Konsul Jenderal Jepang menyerahkan bantuan proyek sistem penyediaan air bersih bagi Desa Tamblang. Bantuan senilai Rp652 juta lebih ini merupakan hibah grassroots dari Pemerintah Jepang.

 Penyerahan dilakukan langsung oleh Konsul Jenderal Jepang, Hirohisa Chiba didampingi Kepala PMD Buleleng, I Made Subur dan camat Kubutambahan Made Suyasa, kepada Kepala Desa Tamblang Nengah Sudarsana, Jumat 3 Mei 2019.

- Advertisement -

Bagi Desa Tamblang, bantuan ini sangat bermanfaat karena selama ini juga sering terjadi krisis air bersih. Mesin buatan Yamaha ini dipandang mempunyai teknologi yang cukup canggih untuk menjernihkan air untuk siap minum.

Perbekel Tamblang, I Nengah Sudarsana menjelaskan bantuan ini sangat bermanfaat bagi Desa Tamblang. Nantinya, mesin penjernih air tersebut akan dikelola oleh BUMDes Tamblang sehingga lebih bermanfaat dari sisi ekonomi.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi desa kami, kedepan kita usahakan agar Bumdes yang mengelola ini sehingga lebih terawat serta bisa lebih bermanfaat secara ekonomi,” kata Sudarsana.

Konsul Jenderal Jepang, Hirohisa Chiba mengatakan bantuan in telah ditandatangani oleh Pemerintah Jepang dan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia. Ada beberapa wilayah di Indonesia yang juga mendapatkan bantuan yang sama melalui yayasan itu.

- Advertisement -

“Jadi ini bantuan dari Pemerintah untuk masyarakat Indonesia. Tidak hanya di Tamblang, ada beberapa daerah lain juga mendapatkan bantuan ini untuk menangani persoaan air bersih di daerah-daerah yang terbilang krisis air bersih,” kata Hirohisa.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Buleleng, Made Subur mengapresiasi bantuan Pemerintah Jpang untuk Desa Tamblang ini. Subur memberikan saran kepada Bumdes Desa Tamblang, dalam pengelolaan sistem penyediaan air bersih bantuan Jepang ini bisa dengan membuka layanan antar jemput.

“Sehingga ini menambah peluang kerja juga, berikan masyarakat sepeda motor yang direkrut sebagai pekerja layananantar jemput untuk air bersih ini, apalagi saat ini jaman semakin canggih bisa juga menggunakan layanan aplikasi,” ujar Subur. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts