Gedung Buleleng Command Centre Mulai Dibangun

Singaraja, koranbuleleng.com| Pembangunan Gedung Buleleng Command Centre (BCC) mulai dilaksanakan. Gedung berlantai dua itu dibangun dengan anggaran senilai Rp3,949 Miliar dan direncanakan rampung hingga Desember 2019. Lokasi gedung dibangun di parker barat Kantor Bupati Buleleng.

Berdasarkan proses lelang yang dilakukan Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Setda Buleleng, CV Tenaga Inti sebuah rekanan dari kabupaten Buleleng berhasil menjadi pemenang dengan nilai penawaran Rp3,949 miliar, dari Pagu Anggaran senilai Rp4,650 miliar. Sesuai dengan kontrak, Gedung berlantai dua yang dibangun di sebelah Barat Lobi Atiti WIswa Kantor Bupati Buleleng sejak 13 Agustus 2019 hingga 9 Desember 2019 mendatang.

- Advertisement -

Menurut Sekretaris Dinas Komunikasi Informatikan dan Persandian (Kominfosandi) kabupaten Buleleng yang juga sebagai PPK proyek tersebut, pembangunan gedung untuk tahun 2019 ini baru memasuki tahapan pertama. Untuk finishing dan juga pengadaan peralatan serta perlengkapan Buleleng Comand Centre (BCC) baru akan dilakukan tahun 2020 mendatang.

“Jadi yang kita finishing hanya bagian luarnya saja, kalau bagian dalam belum. Karena untuk pengadaan alatnya kan rencananya kita lakukan di tahun depan, khawatirnya kalau sekarang langsung difinishing nanti akan membongkar lagi beberapa bagian untuk pemasangan peralatan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfosandi Buleleng Ketut Sweca mengatakan, sesuai dengan rencana awal, Buleleng Comand Centre (BCC) akan dibangun sebagai tempat pemusatan data milik Pemkab Buleleng. Nantinya, semua data-data yang ada pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah di Lingkup Pemkab Buleleng langsung terkoneksi ke BCC.

Hanya saja, data yang masuk tersebut nantinya akan dilakukan pemilahan untuk membedakan mana-mana saja data yang bisa diakses public, dan mana data yang tetap menjadi rahasia Negara.

- Advertisement -

“Di dalam ruangan itu akan terkonsentrasi data yang dibutuhkan dalam rangka unsur Pimpinan mengambil keputusan yang berbasis data. Nanti datanya terpusat. Saat dibutuhkan tidak perlu memanggil pihak OPD, tapi tinggal di akses di BCC,” jelasnya.

Disisi lain, untuk pembangunan Gedung BCC yang juga akan menjadi Kantor Dinas Kominfosandi belum bisa dituntaskan dalam satu tahun anggaran. Mengingat keterbatasan dana yang ada untuk pembangunan di Kabupaten Buleleng. Terlebih lagi dana yang dibutuhkan hanya untuk pengadaan peralatan dan perlengkapan penunjang BCC mencapai Rp6 hingga Rp7 miliar. Sehingga untuk penyelesaikan program pembangunannya dilaksanakan secara bertahap. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts