Menteri dari Zanzibar – Tanzania Kunjungi Cengkeh di Munduk

Singaraja, koranbuleleng.com | Menteri Perdagangan, Industri dan Pemasaran Zanzibar-Tanzania, Amina Salum Ali beserta beberapa Pejabat Kementerian Zanzibar mengunjungi Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng untuk melihat potensi dan mengenali sektor pertanian dan pariwisata pedesaan.  Kedatangan rombongan dari Negara Zanzibar – Tanzania ini didampingi oleh External Relations & Customer Service PT Indesso Aroma, Feri Agustian Soleh.

Rombongan Kementerian Zanzibar diterima langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST bersama pejabat lain serta perbekel Desa Munduk, bertempat di Puri Lumbung Cottage, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kamis 22 Agustus 2019.

- Advertisement -

Inti dari kunjungan Kementerian Zanzibar ini, didasari oleh sejarah tentang cengkeh Zanzibar yang  ditanam di Desa Munduk.   Keunggulan cengkeh Zanzibar sendiri, dapat dilihat dari pohonnya yang rimbun, buah yang dihasilkan lebih besar dan pertangkai bisa mencapai ratusan biji, serta lebih sering berbuah dibanding jenis cengkeh lainnya.  

“Mereka senang sekali berkunjung kesini, seperti saudara sendiri, dan nanti kedepan rencananya kita akan bantu mengembangkan potensi alam yang ada di Buleleng ini,” ujar External Relations & Customer Service PT Indesso Aroma, Feri Agustian Soleh, usai mendampingi rombongan Kementerian Zanzibar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Ir. I Made Sumiarta yang turut hadir dalam kesempatan ini mengatakan, terkait dengan kunjungan ini, pihak Pemkab Buleleng telah berupaya dalam hal pengembangan sektor pertanian khususnya cengkeh di Buleleng.

Hal tersebut terus diupayakan karena hingga saat ini dari segi produktivitasnya masih berada dibawah nasional, tetapi dinilai tidak memiliki perbandingan hasil yang begitu signifikan, yakni produktivitas di tingkat nasional kira-kira sebesar 400kg per hektar, sedangkan di Buleleng dapat menghasilkan kurang lebih 311kg per hektar.” Jadi perbandingannya tidak terlalu jauh dibawah nasional, tapi kita tetap upayakan untuk menunjang produktivitasnya,” katanya.   

- Advertisement -

Saat ini pada berbagai daerah di Provinsi Bali khusunya, masih kata Kadis Sumiarta, sedang dilanda serangan berupa jamur akar putih, sehingga pihaknya sedang berupaya mencari solusi terkait dengan pengembalian kualitas cengkeh yang terkena jamur akar putih tersebut. Salah satu upaya pengembaliannya dengan menggelar sekolah lapang pertanian  tentang pengendalian jamur akar putih, untuk mengaplikasikan bakteri trichoderma yang memiliki fungsi menghambat perkembangan jamur.

“Untuk tahun ini kita  sudah laksanakan kurang lebih sekitar 300 hektar dan akan terus kita tingkatkan pada tahun-tahun berikutnya, mudah-mudahan dalam lima tahun kedepan kita bisa tuntaskan  jamur akar putih ini,” tutupnya. |R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts